Ketua Persit KCK Cabang XXIX Berikan Pengarahan Psikologi di usia 40 tahun

Ketua Persit KCK Cabang XXIX Berikan Pengarahan Psikologi di usia 40 tahun

Ketua Persit KCK Cabang XXIX Berikan Pengarahan Psikologi di usia 40 tahun

KODIM 0709/KEBUMEN, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Dim 0709 Rem 072 PD IV Diponegoro Ny. Priyo Sambodo hadir dalam acara pertemuan anggota rutin yang sekaligus memberikan pengarahan tentang psikologi manusia dengan perkembangan fisik dan kognitif dimasa dewasa menegah yang disajikan secara lugas oleh Ibu Nana Handayani atau Ny. Priyo Sambodo bertempat di Aula Makodim 0709/Kebumen yang diikuti oleh 102 anggota Persit, Selasa (13/12/16).

Meski situasi hujan namun para ibu-ibu ini tetap semangat dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan secara rutin itu, dalam pengarahannya Ketua Cabang memaparkan, “ada sejumlah kemampuan yang menurun dan ada pula sejumlah kemampuan yang meningkat  (horn & donaldson, 1980).

horn menyatakan bahwa crystallized intelligence, akumulasi dari informasi dan ketrampilan verbal terus meningkat di masa dewasa menengah, sementara fluid intelligence, kemampuan seseorang untuk melakukan penalaran secara abstrakmulai menurun di masa dewasa menengah.

studi longitudinal seattle. studi longitudina seattle yang melibatkan evaluasi kemampuan intelektual yang luas di masa dewasa  dipelopori oleh k. warner schaile (1994, 1996, 2005,2010,2011) para partisipan dinilai dengan interval tujuh tahun sejak tahun 1956, 1963, 1970, 1977, 1984, 1991, 1998 dan 2005.

level fungsi tertinggi untuk empat dari enam kemampuan intelektual terjadi dimasa dewasa menengah  (wills & Schaine, 1999)baik pria maunpun wanita. Performa puncak di bidang perbendaraan kata, memori verbal, penalaran induktif, dan orientasi spasialdi capai di usia paruh baya. Hanya dua dari enam kemampuan-kemampuan numerik dan kecepatan perseptual yang menunjukkan kemunduran di usia paruh baya.

Agama memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan sejumlah orang dewasa, sementara pada sejumlah orang dewasa lainnya perannya mungkin kecil atau tidak ada sama sekali (Mc. Cullough dkk, 2005).

Selain itu pengaruh agama terhadap kehidupan seseorang dapat berubah seiring dengan perkembangan mereka (George, 2009:Sapp,2010)

Para peneliti menemukan bahwa komitmen religius membantu menurunkan tekanan darah dan hipertensi hingga level menengah, dan bahwa kehadiran dikegiatan keagamaan berkaitan dengan penurunan tekanan darah (Gillum dan Ingram 2007).

Selain itu sejumlah studi mengkonfirmasi hubungan positif antara partisipasi religius dengan panjangnya usia.

Singkatnya berbagai dimensi religiusitas dapat membantu sebagian individu untuk menghadapi hidup mereka secara lebih efektif.

Frankl berkeyakinan bahwa menelaah keterbatasan kita dapat mengiring pada eksplorasi makna hidup. Ketika dihadapkan pada kematian saudara-saudara dan berkurangnya waktu yang masih dimiliki, banyak individu setengah baya mulai menelaah makna hidup mereka.

Baumeister dan Vohs Menyatakan bahwa pencarian makna hidup mencakup empat kebutuhan utama : Tujuan, Nilai-nilai, kemanjuran dan Self Worth (kebutuhan akan nilai diri)” ungkap Ketua Cabang.

 

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *