Kodim dan Jajaran Koramil Serentak Budidayakan Tanaman Cabai

Kodim dan Jajaran Koramil Serentak Budidayakan Tanaman Cabai

Kodim dan Jajaran Koramil Serentak Budidayakan Tanaman Cabai

KODIM 0709/KEBUMEN, Melonjaknya harga cabai dipasaran akhir-akhir ini menjadikan problema tersendiri bagi masyarakat khususnya yang berpenghasilan pas-pasan, melonjaknya harga cabai dipasaran hingga mencapai angka Rp. 100.000,- sampai Rp. 145.000,- hal ini yang menginspirasi Danramil 08/Alian Kapten Inf Lusiman beserta sejumlah anggotanya untuk menyiapkan tanaman cabai dengan media polybag hingga mencapai jumlah 150 bibit tanaman cabai, Sabtu (14/1/17).

Menurut keterangan yang dihimpun, kegiatan ini sebagai dorongan motivasi bagi masyarakat Kebumen khususnya wilayah Kecamatan Alian, tujuan lainnya dengan dibuatnya polybag tanaman cabai ini untuk mendorong masyarakat agar mampu bermandiri pangan, pola yang dikembangkan kali ini menggunakan polybag hal ini guna menghemat tempat dan waktu tanam, sehingga target percepatan pengembangannya cepat terealisasi hal lain bertujuan untuk menginspirasi agar masyarakat bisa meniru dan mengembangkan pada lahan-lahan sempit disekitar tempat tinggal mereka masing-masing.

Menurut Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P bahwa kegiatan tersebut merupakan tidak lanjut dari perintah Panglima TNI dan Kasad. Kegiatan ini juga sesuai dengan hasil Rakor Evaluasi Bidang Ketahanan Pangan di Jakarta pada tanggal 5 dan 6 Januari 2017 lalu.

“Seluruh prajurit TNI AD diwajibkan menanam cabai berbagai jenis dalam media polybag, “ tegasnya. Dandim 0709/Kebumen  Lamongan Letkol Kav Suep, S.I.P melalui Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur menghimbau kepada anggota agar kegiatan pengolahan tanah dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pengolahan.

Dimana tanah yang digunakan untuk media tanam adalah tanah terletak di bawah pohon bambu. Sementara untuk bahan campuran tanah diantaranya adalah sekam padi dan kotoran hewan dengan perbandingan tanah, sekam dan kotoran hewan perbandingan 1 : 1 : 1.

Sementara ditempat terpisah Danramil 08/Alian Kapten Inf Lusiman menambahkan, untuk menanam cabai di dalam pot atau polybag relatif lebih mudah untuk dilakukan, karena tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

“Salah satu cabai yang paling cocok untuk ditanam di pekarangan rumah adalah jenis cabai rawit dan cabai keriting. Jenis cabai ini sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis dan rasanya pedas juga disukai oleh banyak orang,” tutur Danramil Alian.(Pard

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *