Dandim 0709/Kebumen Pimpin Apel Kenaikan Pangkat Prajurit

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Apel Kenaikan Pangkat Prajurit

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Apel Kenaikan Pangkat Prajurit

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.IP, Sabtu (01/04/17) bertindak selaku inspektur upacara pada kegiatan upacara laporan corp raport MPP, alih tugas jabatan Danramil dan laporan corp kenaikan pangkat anggota Kodim 0709/Kebumen. bertindak selaku komandan upacara Danramil 01/Kebumen Kapten Arm Rochmat dan perwira upacara oleh Pasi Pers Kodim 0709/Kebumen Kapten Caj Soeko Wardojo. Tampak hadir dalam kegiatan ini Kasdim 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar, para Pasi Kodim, Para Danramil jajaran Kodim, seluruh anggota TNI dan PNS serta Ketua Persit KCK Chandra Kirana Cabang XXIX Dim 0709 Koorcab Rem 072 PD IV Diponegoro beserta jajaran pengurus ranting dan para anggota Persit lainnya. Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan upacara Makodim 0709/Kebumen berlangsung tertib dan hikmat.

Dalam amanatnya, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.IP mengatakan, “Teriring do’a dan penghargaan yang setinggi tinginya kepada Danramil 06/Sruweng Kapten Arh M. Chumedi yang kini telah memasuki masa purna tugas dan mengakhiri masa dinasnya serta pengabdiannya selama melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai prajurit Kodim 0709/Kebumen, Atas nama Satuan dan keluarga besar Kodim 0709/Kebumen, saya mewakili seluruh anggota, mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan prestasi selama ini, tanpa adanya cacat maupun cela.

Jaga selalu citra TNI dalam kehidupan bermasyarakat, serta tularkan semangat pengabdian prajurit di tengah-tengah kehidupan masyarakat di sekitar saudara nantinya dan jaga komunikasi serta jalin silaturahmi yang baik dengan Kodim ini terutama pada rekan-rekan yang masih aktif berdinas sampai saat ini. Dengan memasuki masa purna tugas ini, diharapkan bisa digunakan untuk mempersiapkan diri, sehingga ketika masuk masa pensiun bisa menjalani hari – hari dengan bahagia, baik dan tetap produktif.

Sejatinya, untuk mengabdi kepada bangsa dan negara tidak terbatas saat yang bersangkutan masih dinas aktif. Namun bisa dilakukan dimana saja, walaupun sudah tidak menjadi anggota TNI. Untuk itu selalu berbuatlah yang terbaik bagi masyarakat. Semua anggota baik TNI maupun Pegawai Negeri Sipil akan mengalami masa pensiun tetapi bukan berarti berhenti melakukan pengabdian kepada bangsa dan negara, setelah kembali ke masyarakat tentunya masih banyak bentuk pengabdian lain terhadap bangsa dan negara terutama mengembangkan kemampuan dan keterampilan masing-masing agar tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak, selain itu pesan saya kepada anggota yang memasuki purna tugas untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap menjaga kondisi fisik seperti saat masih melaksanakan dinas. Saya berharap kemampuan dan keterampilan yang didapatkan selama berdinas di Kodim 0709/Kebumen bisa diimplementasikan di masyarakat dan bisa membantu personel yang masih berdinas aktif sekaligus bisa menjadi mata dan teliga bagi satuan ini.

Bertepatan dengan ini, juga dilaksanakan mutasi dan pergantian pejabat Danramil. Mutasi di lingkungan TNI – Angkatan Darat, khususnya di jajaran Kodim 0709/Kebumen merupakan hal yang biasa terjadi sebagai realisasi dari kebijakan pimpinan dalam proses pembinaan personel dan satuan, sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan organisasi. Alih tugas dan jabatan yang dilaksanakan didalam organisasi TNI-AD, bertujuan untuk mengembangkan kapasitas kepemimpinan, wawasan manajemen dan profesionalisme keprajuritan para Perwira, agar mampu memberikan karya pengabdian terbaik dalam melaksanakan tugas yang diembannya.

Berkenaan dengan itu maka kepada pejabat baru beserta istri, yang baru saja melaksanakan laporan corps, saya selaku Dandim dan atas nama segenap warga Kodim 0709/Kebumen mengucapkan “Selamat” semoga peristiwa ini, memberikan makna yang sangat berarti bagi pengembangan karier para perwira selanjutnya. Segera menyesuaikan diri dan melakukan upaya-upaya pemahaman terhadap tugas, wewenang dan tangungjawab sesuai jabatannya, serta berusaha meraih prestasi yang lebih baik dengan pengerahan segenap kemampuan dan potensi yang optimal guna mencapai keberhasilan tugas pokok Kodim 0709/Kebumen. Saya berharap agar pengalaman tugas selama di Koramil yang lama dapat dijadikan bekal yang bermanfaat bagi pelaksanaan tugas di Koramil yang baru nantinya. Kepada Ibu-Ibu Persit atas segala kesetiaan, keikhlasan dan pengorbanannya dalam mendampingi suami, sehingga suami dapat berkonsentrasi dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, disampaikan banyak terimakasih dan perhargaan yang setinggi-tingginya.

Terkait kenaikan pangkat bagi para Prajurit Kodim 0709/Kebumen adalah merupakan penghargaan dari pimpinan, atas dedikasi dan prestasi dalam pelaksanaan tugas serta pengabdian, sesuai dengan tanggungjawab yang diembannya sebagai prajurit. Lebih dari itu, kenaikan pangkat juga merupakan kehormatan yang harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta dapat digunakan sebagai wahana introspeksi diri, agar  diperoleh kesadaran yang mendalam untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi. Kenaikan pangkat juga merupakan salah satu kesejahteraan bagi setiap prajurit, namun untuk mendapatkan kenaikan pangkat seperti ini harus diperjuangkan dengan memenuhi tuntutan tugas sesuai persyaratan yang ada, antara lain harus memenuhi persyaratan secara administrasi maupun kesemaptaan yang telah ditetapkan.

Penilaian atasan terhadap sikap dan perilaku sehari-hari serta prestasi kerja yang ditunjukkan  bagi para personel yang akan di usulkan untuk kenaikan pangkat juga menjadi pertimbangan, sehingga kenaikan pangkat ini benar-benar merupakan hasil kerja keras dan dedikasi tinggi, serta prestasi kerja yang telah ditunjukkan oleh para personel yang bersangkutan. Dengan menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi berarti  tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan harus semakin baik, maka dihimbau kepada para anggota untuk meningkatkan pengabdian dan dedikasinya kepada TNI AD dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Disiplin sebagai nafas prajurit harus benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para anggota juga dituntut untuk menumbuhkan sikap keteladanan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks kedinasan maupun bermasyarakat.

Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Prajurit yang memasuki masa purna tugas, para Perwira yang melaksanakan alih tugas dan kepada para anggota sekalian yang hari ini naik pangkat. Semoga Tuhan YME senantiasa memberikan lindungannya kepada kita semua. Mari kita berdo’a, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi tugas-tugas kita.” katanya.

Adapun pergeseran jabatan Danramil dijajaran Kodim 0709/Kebumen yakni Danramil 22/Ayah semula dijabat Kapten Czi Saliyo kini menempati jabatan sebagai Danramil 17/Adimulyo, Danramil 17/Adimulyo Kapten Inf Mukrodi kini menempati jabatan sebagai Danramil 15/Klirong, dan Danramil 07/Sadang Kapten Inf Sukirno menempati jabatan sebagai Danramil 22/Ayah. Untuk pejabat Danramil 07/Sadang diserahkan kepada Dandim sambil menunggu penempatan personel baru. Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh Dandim yang diikuti seluruh anggota, disamping itu kegiatan juga dilanjutkan dengan acara tasyakuran dan ramah tamah bertempat di Aula Makodim. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *