Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Kodim 0709/Kebumen Simulasikan Mitigasi Bencana Alam dan Tsunami

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Kodim 0709/Kebumen Simulasikan Mitigasi Bencana Alam dan Tsunami

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Kodim 0709/Kebumen Simulasikan Mitigasi Bencana Alam dan Tsunami

KODIM 0709/KEBUMEN, Mitigasi bencana merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada semua langkah-langkah guna mengurangi dampak dari satu kejadian bencana yang dapat dilakukan sebelum bencana itu terjadi, termasuk kesiapan dan tindakan-tindakan pengurangan resiko jangka panjang.

Berdasarkan Undang-undang tentang mitigasi bencana yaitu UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, dalam hal ini ancaman gempa bumi, serta bertujuan mengurangi dan mencegah risiko kehilangan jiwa serta perlindungan terhadap harta benda dengan pendekatan struktural dan nonstruktural.

Terkait hal tersebut, para anggota Kodim 0709/Kebumen mengadakan kegiatan simulasi mitigasi bencana alam gempa bumi dan Tsunami langsung dipimpin Pasi Ops Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Suwarno, Rabu (26/04/17) secara serentak di 22 Koramil 4 Pos Koramil hingga 449 Desa dan 11 Kelurahan di seluruh wilayah Kodim 0709/Kebumen.

Kegiatan ini terlaksana atas koordinasi pihak BPBD Kab. Kebumen serta dukungan jajaran Forkopinda dan masyarakat Kebumen. Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi  Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Kebumen dengan skenario gempa dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. mulai dari seluruh kantor dinas, badan, sekolah melaksanakan aktivitas seperti hari-hari biasa. tiba-tiba pukul 10.00 WIB terjadi gempa di wilayah Kabupaten Kebumen. Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Penyelamatan, Sirine Tanda Bahaya akan dibunyikan oleh masing-masing Dinas/Badan/Kantor/Instansi dan Sekolah dan seluruh Karyawan/Guru/Siswa yang berusaha keluar gedung menuju titik kumpul yang telah ditentukan pada masing-masing tataran.

Meski hanya simulasi namun langkah-langkah pelaksanaan tetap harus dikuasai yakni dengan cara :

Pertama, tetap tenang dan jangan panik. Berlindunglah di tempat yang bisa melindungi anda dari benda-benda jatuh atau mebel yang ambruk, misalnya di kolong meja. Untuk melindungi kepala anda dari benda-benda yang jatuh, tutupilah kepala dengan bantal, helm, dll. Jika merasakan getaran, segeralah membuka pintu untuk menjaga agar anda bisa keluar dari rumah untuk mengungsi ke tempat pengungsian, setelah gempa berhenti. Kadang-kadang gempa menyebabkan kerusakan pada pintu, sehingga anda terkurung di dalam rumah. Yang penting harus diperhatikan, jika gempa terjadi, jangan tergesa-gesa untuk keluar rumah, karena dikhawatirkan jika anda keluar rumah akan terkena jatuhan bangunan, tembak dan pecahan kaca. . Tunggu sampai gempa mereda, dan sesudah agak tenang, ambil tas ransel berisi barang-barang keperluan darurat dan keluar dari rumah/gedung menuju ke tanah kosong sambil melindungi kepala dengan helm atau barang-barang yang dapat digunakan untuk melindungi kepala.

Kedua, perhatikan teknik mengungsi. Mengungsilah dengan berjalan kaki. Jika anda mengungsi dengan menggunakan mobil, dikhawatirkan akan terjadi kemacetan karena orang-orang sedang dalam kepanikan, dan juga karena rusaknya lampu pengatur lalu lintas. Pakailah pakaian yang tidak menyulitkan untuk bergerak (memakai celana panjang misalnya) dan bawalah barang-barang seperlunya ketika anda akan mengungsi. Jika gempa yang anda rasakan kuat, atau kecil tapi berlangsung dalam waktu lama, bersegeralah mengungsi ke tempat tinggi, karena ditakutkan akan terjadi tsunami.

Ketiga, dapatkan informasi yang tepat melalui televisi, radio, informasi dari petugas pemadam kebakaran, polisi. Jangan percaya dengan isu-isu yang tidak benar. Yakni informasi yang tepat dan akurat ketika akan terjadi gempa dan tsunami.

Keempat, bekerjasamalah dalam melakukan penyelamatan korban dan pengobatan. Tim penyelamatan kadang sulit untuk mencapai tempat kejadian ketika terjadi bencana. Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk melakukan langkah aktif dan saling bekerjasama. Jika gempa bumi terjadi pada saat Anda sedang menyetir kendaraan, jangan sekali-kali mengerem dengan mendadak atau menggunakan rem darurat. Kurangilah kecepatan secara bertahap dan hentikan kendaraan Anda di bahu jalan. Jangan berhenti di dekat pompa bensin, di bawah kabel tegangan tinggi, atau di bawah jembatan penyeberangan. Setelah itu mengungsilah ke tempat yang aman dengan berjalan kaki, atau mengikuti petunjuk polisi atau pengatur lalu lintas.

Kelima Pejabat setempat di masing-masing kantor mengkondisikan agar tidak panik, tetap tenang dan mengarahkan untuk meninggalkan ruangan secara teratur menuju titik kumpul yang telah ditentukan dan tidak berdesak-desakan.

Keenam Seluruh Pegawai/Karyawan/Guru/Siswa meninggalkan gedung ruangan menuju titik kumpul dengan melindungi kepala. Keempat Dititik kumpul dilakukan pendataan dan identifikasi terhadap seluruh personel oleh masing-masing penanggungjawab dan Kelima melakukan koordinasi dengan BPBD terkait dengan jenis bencana yang terjadi.

Seperti halnya tempat lain, Makodim juga nggak mau ketinggalan turut serta melaksanakan latihan simulasi terjadinya Bencana Alam dalam rangka “Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dengan tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagan dalam menghadapi Bencana” kegiatan ini dipimpin langsung Pasi Ops Kodim 0709/Kapten Inf Suwarno yang melibatkan 80 TNI, 50 PNS Kodim dan 70 Siswa SD N 1 Wonorejo dan Pos Paud Taman Pintar Karanganyar, Kebumen, dan serentak diikuti oleh seluruh jajaran Kodim 0709/Kbm di wilayah Koramil masing – masing sesuai perintah Komando Atas.

Dalam kesempatan tersebut Pasi Ops Kodim 0709/Kebumen mengatakan, “Terimakasih atas pelaksanaan latihan simulasi terjadinya Bencana Alam dalam rangka “Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ini yang telah kita laksanakan bersama, kebetulan di Kodim 0709/Kbm ini sedang ada kunjungan anak-anak SD N 1 Wonorejo dan Pos PAUD Taman Pintar Grenggeng Karanganyar Kebumen jadi bisa langsung mengikutinya. Pengenalan simulasi Bencal seperti ini, apa yang harus di lakukan oleh masing masing anggota, selamatkan diri kita setelah aman, maka cek kembali personel, rekan dan periksa kembali di dalam ruangan atau di tempat – tempat yang dimungkinkan ada korban terkena reruntuhan bangunan, akibat Bencal. Kesehatan segera evakuasi korban yang terkena Bencal tangani/obati untuk penanganan sementara, rekan yang selamat segera membantu rekan atau masyarakat yang menjadi Korban Bencal. Demikian yang bisa saya sampaikan, terimakasih atas pelaksanaannya, tingkatkan terus kewaspadaan dan kesiapsiagan dalam menghadapi setiap ancaman Bencana ” katanya.

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *