Kodim 0709/Kebumen Gelar Latihan Posko I Penanggulangan Bencana Alam

 

Kodim 0709/Kebumen Gelar Latihan Posko I Penanggulangan Bencana Alam

Kodim 0709/Kebumen Gelar Latihan Posko I Penanggulangan Bencana Alam

Para anggota Staf Makodim 0709/Kebumen, Senin (22/5/17) melaksanakan kegiatan latihan Posko I Pamungkas Sakti LXII tahun 2017 dalam rangka meningkatkan kepekaan dan profesionalisme anggota Kodim dan menguji prosedur hubungan komando dan staf agar di dapat hasil yang optimal dalam rangka tugas kemanusiaan membantu pemerintah daerah dalam penanganan bencana alam sebagai upaya pemberdayaan wilayah sebagai bentuk aplikasi kegiatan UU TNI no 34 tahun 2004 diantaranya tugas operasi militer selain perang (OMSP) bertempat di aula Makodim dan sekitarnya.

Kegiatan ini disamping dilaksanakan para anggota Staf Kodim untuk menguji keterampilan dan ketanggapsegeraan serta kecepatan cara bertindak dalam menangani permasalahan yang berkaitan dengan kebencanaan, juga  mendapat pengawasan dan penilaian para penyelenggara Korem 072/Pamungkas.

Dalam latihan Posko I Kodim 0709/Kbm Pamungkas Sakti LXII Tahun 2017 ini, mengusung tema “Kodim 0709/Kbm bersama seluruh komponen bangsa di wilayah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”.

Kegiatan yang dijadwalkan selama tiga hari kedepan ini, secara resmi dibuka Kasi Log Korem 072/Pmk Kolonel Arm Putranto Gatot Sri H, S.Sos. dalam amanat Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P. yang dibacakan Kasi Log Korem 072/Pmk mengatakan, “ Pelaksanaan latihan Posko I Kodim 0709 Kebumen ini, mengingatkan pada tugas pokok dan fungsi TNI yang diatur dalam undang-undang, pelaksanaan latihan Posko I Kodim 0709 Kebumen tahun 2017, sangatlah penting karena tidak hanya sebagai ajang bagi Komandan Kodim dan Perwira stafnya dalam mengelola kemampuan operasional pelaksanaan kegiatan di dalam organisasi militer, melainkan meningkatkan kepekaan dan kemampuan sesuai rantai Komando yang telah menjadi prosedur kegiatan.

Mencermati isu yang sedang berkembang sampai saat ini masih ada sorotan dari beberapa pihak terhadap eksistensi TNI khususnya TNI AD berkaitan dengan kemampuan profesionalitasnya dalam menyikapi dan mengantisipasi berbagai permasalahan bangsa yang berkembang di masa kini dan ke depan khususnya dalam penanganan korban bencana alam yang sesungguhnya merupakan bagian tugas pokok TNI dalam bidang operasi militer selain perang (OMSP) seperti yang telah diatur undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Pada pelaksanaan latihan Posko I Kodim 0709 Kebumen kali ini dikembangkan suatu permasalahan yang mengarah dalam melaksanakan Oprasi Militer Selain Perang yaitu membantu tugas pemerintah di daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan (Civic Missions).

Saya berharap para pelaku hendaknya benar-benar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga sasaran latihan benar-benar dapat tercapai sesuai direktif yang telah ditentukan dari pimpinan Angkatan Darat.

Kepada para penyelenggara saya berharap selalu menjaga keamanan dan keselamatan personel maupun material selama melaksanakan latihan ini catat temuan dan kekurangan serta kendalikan sesuai rencana latihan “. katanya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *