Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Terjun ke SawahTanam kedelai

Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Terjun ke SawahTanam kedelai

Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Terjun ke SawahTanam kedelai

KODIM 0709/KEBUMEN, Dengan tidak menentunya Curah Hujan yang terjadi belakangan ini menimbulkan polemik tersendiri bagi para petani. Musim kemarau akan tetapi kadang terjadi turun hujan sehingga masyarakat sempat kebingungan untuk menentukan tanaman yang akan ditanam di MT 3 ini . Berdasarkan Rembug Tani yang di prakarsai oleh PPL dan Babinsa di Aula BPP pada waktu lalu, akhirnya petani di wilayah Kec. Kuwarasan sepakat menanam Kedelai dengan sistim tanam TOT(Tanpa Olah Tanam) sesuai konstur tanah di wilayah Kuwarasan

Adalah Serda Mukharor anggota Koramil19/Kuwarasan melaksanakan pendampingan penanman kedelai jenis Grobogan bertempat di lahan sawah milik bapak Hadi anggota Poktan Purwowidadi desa Purwodadi Kec.Kuwarasan seluas 80 ubin pada senin (17/07/17).

“ Para petani tak lagi galau dalam menentukan pilihan untuk MT3 ini, melihat kondisi alam yang ada ataupun arahan dari BPP Pertanian untuk MT3 tetaplah kedelai/palawija. Dengan menanam langsung biji kedelai setelah panen disamping menghemat biaya produksi juga mengatur waktu tanam, karena tekstur tanah yang masih lembab, dan tentunya ini merupakan sudah melalui proses penelitian dan pengamatan PPL Pertanian maupun dari petani sendiri,” Kata Mukharor.

“pendampingan dalam panen maupun tanam merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa yakni membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah agar swasembada pangan nasional dapat terwujud. Kami Sebagai Aparat kewilayahan akan selalu membantu petani untuk meningkatkan hasil panen yang semakin baik dan meningkat,” tambah Kharor.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Purwowidadi Sunari menyampaikan bahwa masyarakat sangat senang dengan adanya pendampingan dari Babinsa yang terjun langsung membantu para petani, memberikan penyuluhan dan bimbingan tentang cara bertani agar hasil yang didapat bisa maksimal. “Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun ini cukup bagus,” ujarnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *