Banser Se Kec. Padureso Ikuti Pengarahan Wasbang

Banser Se Kec. Padureso Ikuti Pengarahan Wasbang

Banser Se Kec. Padureso Ikuti Pengarahan Wasbang

KODIM 0709/KEBUMEN,  Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P. memberikan materi penyuluhan wawasan kebangsaan kepada 111 orang peserta Diklatsar Banser Cabang Kec. Padureso, Kebumen di aula balai desa Balingasal, Sabtu (22/7/17).

Ketua penyelenggara Bpk. Mashud (Kasad Koorcab Kebumen). mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kemampuan dasar para peserta Diklatsar, dengan sasaran pembentukan karakter dan jiwa nasionalisme serta diharapkan melalui kegiatan wawasan kebangsaan ini mereka akan memiliki kepekaan dalam menghadapi setiap perkembangan situasi dan memiliki karakter bangsa yang berjiwa Pancasila.

Kegiatan yang dihadir oleh Danramil 10/Prembun Kapten Inf Paijo, Danpos Ramil Padureso Pelda Warisno, anggota Polsek Padureso dan Ketua Satkornas Banser Jakarta Bp. Hafiz turut serta mengikuti kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan ini.

Dalam sosialisasinya Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suwp, S.I.P. menyampaikan beberapa pokok penting tentang perkembangan global saat ini dan perspektif ancaman bagi Indonesia sebagai berikut :

  1. Gejolak di Timur Tengah pada saat ini adalah karena energi alam (minyak) yang menjadi perebutan negara-negara yang tidak memiliki kekayaan SDA berupa minyak terhadap negara-negara penghasil minyak sehingga saat ini terjadi Arab Spring yaitu di negara Irak, Suriah, Libya, Mesir, Kuwait, Kongo, Sudan, Nigeria, Yaman dan Ukraina, sehingga 70 % perang dunia saat ini terjadi dengan latar belakang perebutan energi.
  2. Kesuburan negara-negara di wilayah ekuator (termasuk di dalamnya Indonesia) menjadi target dan incaran bagi negara-negara asing untuk menguasai Indonesia berikut kekayaan alam dan energi hayati yang ada didalamnya dengan tujuan akhir mencari pangan, air dan energi. Sehingga peta konflik (perang) akan bergeser dari perang di wilayah Arab ke arah negara-negara ekuator, yang tidak menutup kemungkinan juga termasuk didalamnya ialah Indonesia.
  3. Disisi lain keberadaan FPDA atau negara-negara persemakmuran Inggris Raya yakni (Malaysia, Filipina, Singapura, Selandia Baru dan Australia) menjadikan Indonesia berada di tengah kekuatan yang dikhawatirkan dapat mengancam kedaulatan Indonesia, masalah Narkona juga menjadi Ancaman tersendiri dan sesuai data pada tahun 2016 sekitar kurang lebih 5,1 juta jiwa penduduk (2% dari jumlah penduduk Indonesia) telah menyalahgunakan Narkoba, dan 15.000 jiwa meninggal setiap tahun, sehingga ini sangat berbahaya dan jumlah korban ini melebihi jumlah koraban terorisme, yang semua ini didesain pihak luar agar generasi Indonesia adalah generasi yang kalah (Lost Generation) inilah perang candu.

Disisi lain Dandim juga menjelaskan tentang bagaimana cara kita mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut…? Tentunya dengan selalu berpegang teguh kepada Pancasila yang diimplementasikan dalam setiap kehidupan sehari-hari. Sejarah telah membuktikan bahwa dengan Kebangkitan Bangsa Indonesia, yang dimulai dari lahirnya Kerajaan Sriwijaya, Majapahit dan lainnya sampai dengan Kebangkitan Nasional pada tahun 1908 dan Sumpah Pemuda tahun 1928, bangsa kita tampil sebagai bangsa pemenang.

Untuk itu kita satukan visi, dan persepsi kita untuk Indonesia jaya, Banggalah jadi bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan alam hayati dan non hayati yang patut kita jaga dan kita syukuri bersama, perkuat kebhinneka Tunggal Ikaan dan kita jangan terlena.

  1. Inilah pentingnya wawasan kebangsaan guna memupuk jiwa disiplin, kuat, beriman, nasionalis, dan berkepribadian yang luhur bermoralkan Pancasila, melalui pendidikan dan latihan dasar para anggota Banser diharapkan mampu sebagai agen-agen perubahan untuk Indonesia Satu, tentunya hal ini bukan terbatas pada diri Banser saja melainkan dapat membudayakan jiwa nasionalisme tersebut kepada Ormas atau kalangan masyarakat lainnya yang juga perlu mendapatkan pelajaran wawasan kebangsaan dengan tujuan utama menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa untuk NKRI yang kita cintai ini. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *