Gotong Royong Wujudkan Jati Diri Masyarakat

Gotong Royong Wujudkan Jati Diri Masyarakat

Gotong Royong Wujudkan Jati Diri Masyarakat

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil 21/Rowokele Kapten Arh Siswoto Nurharjo memberikan materi penyuluhan tentang implementasi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika kepada sejumlah masyarakat bertempat di aula Balai Desa Wonoharjo Kec. Rowokele, Kab. Kebumen, Senin (10/7/17).

Memuali hari pertama kegiatan penyuluhan sekaligus pembekalan dan penguatan sumber daya manusia ini sebagai bentuk kegiatan non fisik dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap II Tahun 2017 tentang Bela Negara dengan melibatkan para tokoh masyarakat, Karang Taruna, para ketua RT dan RW serta beberapa perangkat Desa Wonoharjo.

Dalam penjelasannya Kapten Arh Siswoto mengatakan, “Sesanti Bhinneka Tunggal Ika merupakan pernyataan jiwa dan semangat bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kesatuan, Semboyan itu merumuskan dengan tegas adanya harmoni antara “hal yang satu” dan “hal yang banyak”, yakni kesatuan dalam kemajemukan. Esensi nilai-nilai sesanti Bhinneka Tunggal Ika meliputi nilai toleransi, nilai keadilan dan nilai gotong royong dalam konsepsinya seluruh komponen masyarakat sebagai perekat bangsa dan harus mampu mengaktualisasikan nilai-nilai sesanti Bhinneka Tunggal Ika demi utuhnya NKRI sepanjang jaman.” lanjut Danramil. Manusia membutuhkan sesamanya untuk mencapai kesejahteraan baik jasmani maupun rokhani, manusia akan berarti dalam kehidupannya apabila ia berada dalam kehidupan sesamanya, manusia sebagai makhluk berbudi luhur memiliki rasa saling mencintai, mengasihi, dan tenggang rasa terhadap sesamanya, dasar keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME mengharuskan setiap manusia bekerja sama  & bergotong royong untuk mencapai kesejahteraan hidupnya baik di dunia maupun kelak di akhirat dan usaha yang dilakukan secara gotong royong akan menjadikan suatu kegiatan terasa lebih ringan, mudah, dan lancar, “ papar Danramil (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *