Babinsa Kerahkan Warga Serbu Tanggul Rusak

Babinsa Kerahkan Warga Serbu Tanggul Rusak

Babinsa Kerahkan Warga Serbu Tanggul Rusak

KODIM 0709/KEBUMEN, Sekitar pukul 07.00 hingga 09.30 WIB warga Dukuh Kalisalam RW 02 Ds. Pondok Gebangsari,  Kec. Kuwarasan beramai-ramai turun kesawah guna memperbaiki kerusakan tanggul akibat luapan air irigasi, Kamis (26/10/17).

Kerusakan tanggul yang cukup besar selama kurun waktu lima tahun terakhir karena sebelumnya tanggul ini tidak pernah mengalami kerusakan meskipun luapan air di sekitar tanggul cukup deras, kerusakan sepanjang 6,5 m dengan kelebaran hingga 1,5 m dan kedalaman sungai 1,5 m sempat merepotkan warga, pasalnya perbaikan dilakukan dengan alat seadanya.

“Jika hal ini kita biarkan maka akibatnya akan mengganggu para petani mengolah lahan pertanian, sebab dengan membiarkan tanggul irigasi ini rusak maka air yang memasuki pesawahan seluas 5 Ha akan sulit dikendalikan, sehingga terganggunya aktifitas warga untuk melakukan percepatan tanam, “  ujar Danramil 19/Kuwarasan Kapten Arh Suhartono saat ditemui di lapangan.

Bati Tuud Koramil 19/Kuwarasan Pelda Darusmin langsung mengkoordinir warga, perangkat dan anggota Koramil sendiri untuk melakukan perbaikan tanggul dengan cara karya bakti secara bersama-sama bergotong royong dengan menggunakan sarana prasarana yang seadanya. Pengerahan warga masyarakat Desa Pondokgebangsari sediri sekitar 89 orang ditambah anggota Koramil sebanyak 5 orang langsung pimpinan Kades Pondokgebangsari Bapak Sofan.

Sekitar hampir waktu 3 jam pekerjaan pun dapat diselesaikan. “Saya berharap agar setiap perorangan senantiasa tanggap akan ancaman bencana yang sewaktu-waktu akan timbul, kerusakan tanggul ini juga bagian terkecil dari bencana yang menimpa kita, meski tidak seberapa, namun jika saat itu sawah sudah tertanam padi maka akan berdampak buruk pada pertanian kita ini, karya bakti perbaikan tanggul ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap lingkungan secara bersama sama dan bergotong royong, “ imbuh Danramil. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *