Babinsa Serut Gropyok Tikus Bersama Warga

Babinsa Serut Gropyok Tikus Bersama Warga

Babinsa Serut Gropyok Tikus Bersama Warga

KODIM 0709/KEBUMEN, Hama Tikus di area persawahan desa Serut Kec.Kuwarasan sudah meresahkan para petani. Berbagai upaya telah dilakukan akan tetapi populasi tikus tidak berkurang. Kondisi tersebut tentunya mengancam pertumbuhan bibit padi yang disemai di area persawahan.

Adalah Serda Teguh anggota Koramil 19/Kuwarasan bersama PPL Pertanian dan warga desa Serut baik orangtua, pemuda dan juga anak-anak yang sedang libur sekolah, melaksanakan kegiatan gropyok tikus di lahan sawah anggota kelompok Tani Jaya. Jum’at (3/11/17).

Kegiatan gotong royong menggunakan alat yang sedikit di modifikasi yaitu pengasap dengan tabung gas, cangkul, obat belerang yang di dukung dari PPL Pertanian melengkapi aksi gropyok tikus bersama warga yang memperoleh ratusan ekor tikus, yang berhasil ditangkap dan dimusnahkan.

Dalam kesempatan tersebut Serda Teguh menyampaikan “ agenda gropyokan tikus jangan Cuma sekali saja,perlu dijadwalkan rutin, karena perkembangan tikus sangatlah cepat, selain efektif mengendalikan populasi hama tikus, gropyokan juga bisa menciptakan suasana harmonis, guyub rukun, dan gotong royong antar warga, sehingga jiwa kebersamaan dan persatuan dapat terjaga, “

“ Dengan mengikut sertakan anak-anak dalam kegiatan Groyok ini tentunya mmempunyai nilai yang sangat positif, selain mengenalkan kepada anak-anak tentang kegiatan di sawah, juga diharapkan hasil yang diperoleh meningkat, mereka seolah bermain main di sawah, mengejar tikus tak kenal lelah, beda dengan kita yang sudah tua tentunya tenaganya sudah berkurang,” tambah Teguh.

Taufik Mundarto Hadi selaku Kades Serut mengatakan,” kami mengucapkan banyak terimakasih kepada babinsa karena dengan hadirnya beliau di tengah-tengah kami menambah semangat dalam aksi gropyok ini, selama dua hari babinsa mendampingi kegiatan ini, semoga dengan aksi ini akan mengurangi populasi tikus di area persawahan kami,”

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *