Dandim Kebumen Bekali Wasbang 320 siswa

Dandim Kebumen Bekali Wasbang 320 siswa

Dandim Kebumen Bekali Wasbang 320 siswa

Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P memberikan ceramah Wawasan Kebangsaan (Wasbang ) kepada 320 siswa/siswi SMA Negeri 1 Kutowinangun bertempat aula setempat, Kamis (14/12/17).

Dalam ceramahnya Dandim mengatakan “Ada tiga sumber penyebab yang sering memincu terjadinya konflik yaitu energi, pangan dan air. Ini harus kita jaga dan waspadai agar Indonesia tidak dirusak oleh pihak luar karena terjadi perebutan tiga sumber penyebab konflik tadi. Kita harus mewaspadai dan butuh kesadaran yang tinggi.

Pentingnya wawasan kebangsaan, bagi para siswa untuk mewaspadai adanya Proxy War (perang proxy) yang mengancam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengancam disintegrasi bangsa, dimana tren perang saat ini bukan lagi dengan kekuatan militer melainkan perang yang mempengaruhi kehidupan para generasi muda, kita tidak akan tahu siapa lawan dan siapa kawan.

Salah satu contoh perang proxy yaitu maraknya peredaran Narkoba, pemanfaatan media sosial yang kurang tepat sehingga muncul sifat egois, konsumtif dan tidak komunikatif yang sangat meresahkan. semua menjadi target dari perang proxy ini.

Waspadai dengan pihak-pihak luar yang akan merusak generasi muda kita dengan memanfaatkan pihak ketiga sebagai untuk meraih keuntungan besar dan meninggalkan kehancuran bagi bangsa kita.

Solusi yang tepat dalam menangkal Proxy War yakni dengan mengembangkan empat kekuatan yang ada pada diri manusia itu sendiri yakni mengembangkan IQ, EQ, AQ dan SQ, sebagai generasi muda kita harus fokus kepada hal-hal kita cita-citakan. Berani mewujudkan mimpi dan berusaha mewujudkan mimpi itu, pantang menyerah dan jangan lupa berdoa.

Terus jaga kebhinekaan, jauhi narkoba, hindari sex bebas serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi tetap tegaknya NKRI. Caranya adalah dengan terus melihat ancaman-ancaman yang ada disekitar kita, jadilah generasi muda yang hebat yakni generasi yang memiliki Keimanan, Sehat jasmani & rokhani, berjiwa nasionalisme, memiliki karakter bangsa yang kuat dan selalu berprestasi sesuai bidang masing-masing” papar Dandim mengakhiri ceramahnya.

Hadir dalam kegiatan wawasan kebangsaan, Danramil 09/Kutowinangun, Bati Tuud, Pembina Pramuka SMA N 1 Kutowinangun Joni Purnomo, S.Pd para Dewan Pramuka SMA N 1 Kutowinangun. (pard)

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *