Dandim Kebumen Dialog Lintas Agama

Dandim Kebumen Dialog Lintas Agama

Dandim Kebumen Dialog Lintas Agama

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para tokoh lintas agama bertempat di Ponpes Al Falah Sumolangu Wetan Desa Sumberadi Kec. Kebumen, Selasa (5/12/17)

Kegiatan yang difasilitasi Pimpinan Ponpes Al Falah KH. Musyafa Ali tersebut mengusung tema “Dialog dan Saresehan Lintas Agama dalam Menjaga Kebhinnekaan NKRI dan Kerukunan Antar Umat Beragama” dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat mulai dari Tokoh agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Perwakilan Etnis Tionghoa, Santriwan Santriwati dan masyarakat. KH. Hakam Zulfiam Ikfina SIP, MA yang juga putra KH. Musyafa Ali atau yang akarab di sapa Gus Ulfi mengatakan, ” Dalam rangka menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Kebumen dan kemantapan stabilitas kondisi wilayah maka Dialog dan Sarasehan para Tokoh Agama dan Pemuda Lintas Agama ini sebagai betuk aplikasi dan upaya untuk menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama yang didesain tidak untuk menghakimi tetapi untuk mengerti bahwa jadilah pemeluk agama yang mendahulukan ke Indonesiaan yang plural dan harus mengatakan Saya orang Indonesia yang beragama yang mengutamakan kedamaian bukan kekerasan.” Gus Ulfi juga menekankan bahwa “Pertemuan ini merupakan trobosan yang nantinya diharapkan akan menekan segala bentuk permasalah atau ancaman yang mengarah kepada munculnya disintegrasi bangsa. Kepada seluruh elemen mulai dari masyarakat, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menjadi pondasi guna menciptakan iklim kerukunan di wilayah Kab. Kebumen, imbuhnya.

Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep S.I.P menambahkan “jadikan perbedaan sebagai perekat, perbedaan adalah ciptaan Tuhan YME untuk itu cintailah perbedaan agar keharmonisan kehidupan berbangsa dan bernegara akan mampu menangkal segala bentuk ancaman, seperti anacaman Proxy yang harus kita waspadai. Keterbukaan ruang publik yang leluasa sehingga berlangsung dialog-dialog yang intensif antar komunitas agama harus dijamin agar arah menciptakan kondisi yang dinamis mudah terwujud.” katanya.

Menurut Romo Kristofus Wasito dari Gereja Katholik Santos Yohanes Maria selaku pembicara mengatakan, “dalam hal ini kita diajak berpikir dan membutuhkan kecerdasan, kebijaksanaan dan kerendahan hati selalu berikhtiar dan menggali serta menemukan inti kebenaran dalam Pancasila yang sudah terbukti mampu mempersatuakan kita dalam keberagaman. Orang beriman itu adalah orang-orang yang percaya dan menyerahkan diri pada Allah yang benar. Allah yang benar itu Allah yang adalah kasih.NKRI adalah harga mati dengan kerukunan adalah suatu keindahan. Kita harus meyakini bahwa agama membawa rahmat kedamaian, kerukunan dan kesatuan umat manusia. Esensi dan hakekat agama adalah baik, benar, indah bagi manusia.

Pendeta Dadang Adi Sasanto ketua (BKGK) Badan Kerjasama Gereja – Gereja Kebumen juga menambahkan “Perbedaan adalah kekayaan di Bumi Indonesia untuk dijaga dan dirawat kerena beda itu indah serta Pancasila adalah pemersatu semua perbedaan itu, mari kita jaga agar senantiasa menjadi perekat bangsa”. pungkasnya. (Pard)

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *