Dandim Kebumen Pimpin Sosialisasi Netralitas TNI

Dandim Kebumen Pimpin Sosialisasi Netralitas TNI

Dandim Kebumen Pimpin Sosialisasi Netralitas TNI

KODIM 0709/KEBUMEN. Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P. memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Kodim 0709/Kebumen pada kegiatan pembinaan netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu/Pemilu Kada serentak yang digelar di Aula Makodim 0709/Kbm dengan mengusung tema, “Melalui pembinaan netralitas TNI dalam Pemilu/Pemilu Kada, kita wujudkan prajurit yang profesional, tidak berpolitik praktis, netral dan tidak berpihak demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu/Pemilu Kada di seluruh wilayah NKRI. ” Kamis (01/03/18).

Hadir pada acara ini Kepala Staf Kodim 0709/Kbm Mayor Inf Djumantar, para Perwira Seksi Kodim 0709/Kbm, para Danramil jajaran Kodim 0709/Kbm, anggota satuan non kewilayahan, anggota DKT Gombong, anggota Minvetcad IV/14 Gombong, seluruh Babinsa dan PNS Kodim 0709/Kbm serta para anggota KBT dari  FKPPI perwakilan tiap-tiap ranting se Kab. Kebumen.

Dalam pengarahannya Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P. mengatakan, “ Pada kegiatan pagi hari ini bertemakan pembinanan netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada, hal ini tentunya sudah sering dilaksanakan tetapi kita masih harus mengingatkan terus kepada seluruh anggota semua, supaya tidak lupa dengan aturan dalam Pemilu/Pilkada.

Saya sampaikan juga untuk fasilitas yang ada di TNI tidak boleh digunakan untuk sarana prasarana mendukung Pemilu/Pilkada termasuk untuk berpolitik lainnya, keluarga besar TNI  (Istri TNI) untuk hak memilih dan hak dipilih dipersilahkan dan sudah diijinkan. tetapi harus diberikan pemahaman oleh suaminya, tentang partai politik.

Keberhasilan pada Pemilukada ini sebagai landasan untuk kesuksesan pemilihan selanjutnya, kita sebagai TNI harus bisa menjaga Netralitas TNI itu sendiri, lakukan pendekesian secara diri demi kelancaran jalannya pesta demokrasi khususnya di wilayah Kebumen ini, laporkan setiap perkembangan yang menjadi indikasi tertentu sehingga kita bisa mengambil langkah-langkah yang kongkrit demi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kebumen khususnya, “ ujar Dandim.

Adapun pada acara pembinaan netralitas TNI ini meliputi peran, fungsi dan tugas TNI AD sebagaimana yang telah diamanatkan oleh UU RI no. 34 tahun 2004 tentang TNI. Yang terkandung agar TNI bisa menjadi tentara yang profesional, tidak berpolitik praktis, bersikap netral, mementingkan soliditas dan hal ini merupakan amanah rakyat dalam pelaksanaan reformasi internal TNI.

Melalui kegiatan ini diharapkan para anggota Kodim 0709/Kbm dan KBT akan mengerti tentang tugas pokok dan aturan dalam Pemilu/Pilkada, guna menghindari kegiatan yang mengarah kepada praktek politik praktis. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *