Peran Babinsa, Mulai Tanam Hingga Panen

Peran Babinsa, Mulai Tanam Hingga Panen

Peran Babinsa, Mulai Tanam Hingga Panen

KODIM 0709/KEBUMEN, Sebagai langkah mewujudkan dan mensukseskan program swasembada pangan Nasional, sebagaimana dijelaskan pada ayat (2) UU RI. Tahun 2004 tentang peran TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP) yakni salah satunya adalah membantu tugas pemerintah di daerah, inilah yang menjadikan pedoman Babinsa Koramil 09/Kutowinangun Kodim 0709/Kbm Serma Agus Wijayanto membantu petani mulai dari pengolahan sawah, masa tanam, membersihkan rumput hingga memasuki masa panen padi. Hal ini diimplementasikan Babinsa  di lahan milik Gapoktan “Tani Mekar” Desa Mekarsari, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Kamis (08/03/18).

Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno mengatakan “bahwa pendampingan Babinsa dalam melaksanakan panen padi itu merupakan tugas dan tanggung jawab Babinsa dalam membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkelanjutan. Dengan adanya kegiatan pendampingan ini para Babinsa akan terus bersinergi dengan para Gapoktan, Poktan, PPL maupun Dinas Pertanian setempat agar pendampingan ini akan bisa menekan laju percepatan tambah tanam di area yang belum terjangkau tanaman padi, Babinsa melakukan pendampingan pertanian memang sudah salah satu tugasnya, kegiatan ini dilakukan demi mewujudkan swasembada pangan yang saat ini digalakkan oleh pemerintah RI, salah satu komoditi yang sangat diunggulkan tersebut adalah padi, jagung dan kedelai (PAJALE). ” ungkap Danramil. ​​

Hadir mendampingi kegiatan panen kali ini Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno, Bati Tuud Ramil 09/Ktowinangun Serma Agus Wijayanto, PPL Kutowinangun  Ragil, Kapolsek Kutowinangun AKP Rujito, S.H dan Kasi Trantib Kutowinangun Soimin. Dalam panen kali ini mampu menghasilkan padi 14,2 kwintal per 100 ubin dari luas lahan 64 Ha. Ini menunjukan peningkatan panen sebesar 5 % jika dibandingkan tahun lalu. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *