Danramil 11/Mirit Menjadi Irup Upacara Bendera di Kecamatan Mirit

Danramil 11/Mirit Menjadi Irup Upacara Bendera di Kecamatan Mirit

Danramil 11/Mirit Menjadi Irup Upacara Bendera di Kecamatan Mirit

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil 11/Mirit Kapten Inf Rizky Sudarmanto bertindak selaku Inspektur upacara (Irup) pada upacara 17an di halaman pendopo kecamatan Mirit, Selasa (17/4/18).

Pada kesempatan kali ini Kapten Inf Rizky membacakan amanat Plt Bupati Kebumen K.H. Yazid Mahfudz “saya ingin menyampaikan beberapa informasi berkait dengan pembangunan dibidang perhubungan. Pertama, Kunci utama dari perhubungan adalah transportasi. Untuk menjaga keselamatan dan keamanan transportasi, dikembangkan lima pilar keselamatan. Yakni: (1) manajemen keselamatan, (2) jalan yang berkeselamatan, (3) kendaraan yang berkeselamatan, (4) perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan (5) penanganan pra dan pasca kecelakaan. Keberlangsungan lima pilar tersebut memerlukan koordinasi dan sinkronisasi yang baik.

Lebih lanjut, ASN saya minta manjadi contoh yang baik dalam bertransportasi. Patuh pada aturan. Bahkan lebih dari itu, kita juga harus menjunjung etika dalam bertransportasi. Malu jika melanggar aturan. Bukan sebaliknya, bangga dan merasa hebat ketika melanggar aturan lalu lintas. Harus disadari bahwa permasalahan transportasi cukup kompleks. Salah satunya yakni angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kebumen yang cukup tinggi. Berdasarkan data tahun 2017, ada 220 kejadian kecelakaan lalu lintas. 118 korbannya meninggal dunia, 1 luka berat dan 279 luka ringan. Kerugiannya mencapai Rp. 283 juta lebih.

Banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas. Kebanyakan didominasi oleh faktor pengemudi, faktor kendaraan, faktor cuaca, dan faktor kondisi jalan. Kemacetan lalu lintas sering terjadi disebabkan rendahnya tingkat kedisiplinan pengguna jalan. Misalnya parkir di badan jalan, angkutan umum yang berhenti di sembarang tempat dan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor.

Kita patut bersyukur, putra putri terbaik Kebumen yakni Attin Al Fieyani Latifah dan Dimas Teguh Kurniawan, siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun telah menemukan inovasi cerdas agar pengendara selalu memakai helm saat berkendara. Karyanya berupa Helm Security System menjadi juara 1 pada Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) tingkat Jawa Tengah tahun 2017. Dan masuk sepuluh besar tingkat nasional. Dimana prinsip kerjanya: motor tidak akan hidup jika helm tidak digunakan. Semoga ini menjadi inspirasi bagi kita semua, untuk meningkatkan keselamatan dalam bertransportasi.

Hal-hal yang saya sampaikan tadi, hendaknya disosialisasikan kepada masyarakat. Termasuk kepada warga dan pelajar yang mendapat hak fasilitas angkutan gratis. Hendaknya menggunakan fasilitas tersebut dengan baik. Sehingga tidak hanya meringankan biaya,tapi juga terjaga keselamatannya. Saya juga menghimbau ASN dan pelajar yang dekat dengan tempat tugas atau sekolah, untuk pergi dan pulang dengan bersepeda. Atau bahkan jalan kaki. Hal ini untuk menurunkan tingkat pembuangan emisi ke udara dan meningkatkan derajat kesehatan.” tandasnya. (pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *