Babinsa Kodim 0709/Kebumen Berikan Motivasi Petani

Babinsa Kodim 0709/Kebumen Berikan Motivasi Petani

Babinsa Kodim 0709/Kebumen Berikan Motivasi Petani

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 15/Klirong Serka Dilianto Atsabe melaksanakan pendampingan pertanian dalam rangka memberikan motivasi para petani dilahan seluas 100 ubin bersama Poktani Purus Tani di Desa Klirong Kec. Klirong, Kab. Kebumen, Jumat (18/5/18).

Sesuai MoU antara Pimpinan TNI dan Kementan RI beberapa tahun lalu dan hingga kini seluruh Babinsa masih aktif melakukan kegiatan pendampingan pertanian atau yang sering disebut dengan kegiatan pendampingan upaya khusus (upsus) sehingga dengan terjunnya Babinsa di sawah maka akan semakin bisa memberikan warna tersendiri bagi para petani dalam mengolah lahan.

Para petani pun merasa terbantu dengan keberadan Babinsa di sawah, seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 15/Klirong Serka Dilianto Atsabe, ia membantu pengedropan air untuk lahan seluas 100 ubin, hal ini dilakukan Dili mengingat sejak dua minggu terakhir hujan tak kunjung turun, sehingga ada kekhawatiran petani jika lahannya mengalami kekeringan, upaya yang dilakukan Dili bersama Poktan Purus Tani ini dilakukan dalam satu jam maka areal sawah mulai dipenuhi air.

Kegiatan serupa juga dilakukan bukan saja di Desa Klirong, namun di desa lain pun juga dilakukan pengecoran air sawah. Kegiatan yang dilakukan dengan cara membuat sumur bor di tepi sawah dengan kedalaman hingga 6 meter, kemudian disedot menggunakan pompa air selama satu jam dan sawah pun sudah terairi secara merata, sirkulasi pun akan terjadi ketika air sawah penuh, maka air sebagian terserap tanaman dan sebagian lagi terserap tanah untuk kembali dipompakan ke permukaan sawah, begitu terus dan sawah penuh dengan air.

Atas usaha ini Petani merasa yakin bahwa ide yang dilakukan Babinsa mampu memotivasi para insan tani disawah. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *