Dandim, Bupati dan Polres Gelar Ikrar Tiga Pilar Kebumen Kondusif

Dandim, Bupati dan Polres Gelar Ikrar Tiga Pilar Kebumen Kondusif

Dandim, Bupati dan Polres Gelar Ikrar Tiga Pilar Kebumen Kondusif

KODIM 0709/KEBUMEN, Kondisi wilayah yang aman, tentram dan damai adalah dambaan setiap warga masyarakat artinya aman dari segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara seperti yang dilakukan jajaran Pemkab Kebumen, Kodim 0709/Kebumen dan Polres Kebumen pada acara gelar apel besar tiga pilar yang diselenggarakan di halaman Setda Pemkab Kebumen baru baru ini.

Kegiatan apel besar tiga pilar ini dimaksudkan untuk mewujudkan Sistim Keamanan, Ketertiban Masyarakat  (Siskamtibmas) yang ingin diwujudkan jajaran Pemkab Kebumen, Kodim dan Polres ini untuk menciptakan iklim yang kondusif selama bulan suci Romadhon, Hari Raya Idul Fitri 1439 H dan selama pelaksanaan Pilkada Jawa Tengah tahun 2018 serta peningkatan kewaspadaan dini terhadap ancaman serta gangguan terorisme yang mungkin timbul.

Komitmen bersama yang diprakarsai ini langsung dipimpin Plt. Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz, Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, SIK, MM, dan Dandim 0709 kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P. sementara bertindak selaku komandan apel besar tiga pilar AKP R. Widiyanto dari Polres Kebumen.

Dalam kegiatannya juga melibatkan seluruh jajaran Forkompimda Kab. Kebumen, Para Kabag dan kepala OPD Pemkab Kebumen, PJU Polres Kebumen, Camat se Kab. Kebumen, para Kapolsek, para Danramil, para Babinsa Kodim 0709 Kebumen, para Babinkamtibmas Polres Kebumen, serta melibatkan para Kades dan seluruh lurah se Kabupaten Kebumen

Dalam apel juga dibacakan ikrar oleh masing-masing perwakilan baik dari perwakilan OPD Kab. Kebumen, Kodim 0709/Kebumen dan Polres Kebumen yang secara serentak diikuti oleh seluruh peserta apel yang hadir, dengan memuat beberapa butir penting yang berisikan janji untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah Kab. Kebumen, adapun isi butir-butir ikrar ini sebagai berikut  :

  1. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan penuh ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

  1. Menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 serta tunduk kepada perundang-undangan yang berlaku.

 

  1. Siap mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 di Jawa Tengah secara profesional.

 

  1. Siap bersinergi dan bekerjasama untuk menjaga situasi yang kondusif aman dan damai

 

  1. Sebagai Aparatur Negara bersikap netral dan tidak berpihak kepada Golongan atau kelompok manapun selama pelaksanaan Pilkada berlangsung.

 

  1. Senantiasa menjadi sumber informasi pemimpinan dan membantu dalam penyelesaian masalah, yang terjadi pada setiap tahapan.

 

  1. Siap menjaga keutuhan masyarakat dalam bingkai demokrasi demi keutuhan NKRI.

 

  1. Menolak segala bentuk provokasi berita koordinasi paham radikal dan terorisme yang dapat mengganggu bulan suci Romadhon Pilkada serta Kamtibmas yang kondusif.

 

  1. Mendukung penindakan pemerintah terhadap setiap orang yang melakukan perbuatan melawan hukum dan perbuatan melawan hukum dan perbuatan apapun serta terorisme yang dapat mengganggu keamanan di bulan suci Romadhon 1439 Hijriyah, Pilkada jateng tahun 2018 dan Siskamtibmas Kebumen.

Usai pembacaan ikrar oleh masing-masing perwakilan, kegiatan pun dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar tiga pilar oleh perwakilan Kodim, Kades dan Polres.

Plt. Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz yang didampingi Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P dan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, SIK, MM dalam amanatnya mengatakan “ Jika ketiga pilar ini dapat kita laksanakan maka tidak ada permasalahan yang tidak bisa dipecahkan. Kita semua berharap agar kedepan tidak ada lagi embrio-embrio atau bibit-bibit radikalisme, maka kita harus tetap meningkatkan deteksi dini mulai pada tingkat desa, kelurahan. Aktifkan lagi fungsi para Babinsa, Babinkamtibmas, Kades dan Lurah yang semua ini harus bisa sejalan dan memonitor setiap perkembangan yang terjadi dan jangan sampai lengah oleh keadaan, saya juga meminta kepada selurus lapisan masyarakat untuk tetap jangan terlena dengan pemberitaan atau informasi yang beredar di media sosial. Media sosial bisa menjadikan kita kaya akan informasi namun pada sisi lain media sosial juga bisa menjadikan kita terpecah belah. Terkait pemberitaan tentang bahaya Radikalisme, Terorisme dan ancaman ISIS, maka tugas kita semua elemen bangsa harus memiliki komitmen bahwa semua itu harus kita perangi bersama. Marilah dengan tiga kekuatan pilar yang kita miliki di wilayah Kab. Kebumen ini, bisa untuk bergerak bersama menjaga menciptakan iklim dan situasi Kamtibmas agar tetap kondusif. Wujudkan pelayanan prima dan semaksimal mungkin kepada masyarakat dan tindak tegas terhadap para pelanggar hukum.” papar Mahfudz. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *