Danramil 13/Buluspesantren Upayakan Penggenangan Air Sawah

Danramil 13/Buluspesantren Upayakan Penggenangan Air Sawah

Danramil 13/Buluspesantren Upayakan Penggenangan Air Sawah

KODIM 0709/KEBUMEN, Dampak kemarau yang melanda wilayah Kabupaten Kebumen berdampak pada beberapa lahan pertanian bahkan mengalami kekurangan pasokan air hingga banyak terjadi kekeringan yang dikhawatirkan akan mengganggu pada produktivitas pertanian. Kondisi ini juga dirasakan oleh beberapa petani padi di Desa Bocor dan Desa Waluyo Kec. Buluspesantren Kabupaten Kebumen yang dikenal sebagai sentra kawasan pemasok lumbung padi Jawa Tengah. Hal ini menjadi perhatian serius Kadistapang Kab. Kebumen Ir. Puji Rahayu beserta Danramil 13/Buluspesantren Lettu Inf Nowo Kiswanto saat melaksanakan peninjauan di lahan seluas 300 ubin tersebut. Jumat (25/5/18).

Namun kondisi seperti ini dapat diatasi dengan satu solusi menggunakan teknologi sederhana seperti yang diterapkan oleh BPP Buluspesantren pasalnya di daerah ini, pasokan air irigasi pada musim kemarau seperti sekarang ini sangat kurang, sehingga banyak petani yang harus memompa air dari sumur buatan untuk mengairi sawahnya.

Air hasil pompanisasi ini hanya dapat bertahan kurang dari empat hari menggenang di sawah, hingga banyak sawah yang mengalaminya, namun upaya Koramil dan Distapang teap akan mengupayakan pasokan genangan air sawah.

Musim kemarau kali ini memang dirasakan oleh sebagian masyarakat di beberapa di wilayah seperti Ambal, Mirit dan Buluspesantren. Danramil akan terus melakukan pemetaan dengan pemerintah daerah dengan melakukan pemetaan sumber daya air di tingkat Kabupaten. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *