Kodim 0709/Kebumen Gelar Peringatan Harkitnas

Kodim 0709/Kebumen Gelar Peringatan Harkitnas

Kodim 0709/Kebumen Gelar Peringatan Harkitnas

KODIM 0709/KEBUMEN, Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110 tahun 2018 digelar Kodim 0709/Kebumen, bertindak selaku inspektur upacara Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar bertempat di lapangan upacara Kodim setempat Jalan Merak No. 1 Panjer – Kebumen. Senin (21/5/18).

Pada peringatan Harkitnas kali ini bertindak selaku komandan upacara Danramil 02/Gombong Kapten Arm Rochmat yang diikuti seluruh peserta upacara berjalan cukup tertib dan berjalan cukup hikmat. Tujuan dilaksanakannya upacara peringatan Harkitnas ini untuk mengingat kembali peristiwa sejarah 110 tahun yang lalu tentang kebangkitan nasional yang disuarakan oleh perkumpulan Boedi Oetomo dengan semangat dan komitmen untuk bersatu dalam cita-cita yang sama membangkitkan jiwa nasionalisme.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara, yang dibacakan Kasdim, mengatakan “Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana cara berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial, yang akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan. Melalui Boedi Oetomo menjadi penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kalinya menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Ini adalah ‘idee’, satu naluri pokok dari pada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan. Sekarang bangsa ini punya segala yang dibutuhkan, dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia. ” katanya.

Usai pelaksanaan upacara Harkitnas, Pasi Pers Kodim 0709/Kebumen Kapten Caj Soeko Wardojo mengecek kembali jumlah dan kekuatan personel upacara untuk kemudian membagi sektor pembersihan sebelum para anggota kembali melaksanakan aktifitasnya dan kerja sesuai bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *