Kebumen Diminta Penuhi Target Serapan Gabah Petani

Kebumen Diminta Penuhi Target Serapan Gabah Petani

Kebumen Diminta Penuhi Target Serapan Gabah Petani

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P menerima kunjungan kerja Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) Mabesad yang dipimpin Kolonel Arh Bambang Suartono beserta rombongan dalam rangka evaluasi dan meninjau langsung kegiatan serapan beras di lapangan yang dilakukan Bulog terhadap para petani dan mitranya di ruang kerja Dandim tentang sejauh mana target yang dilakukan  oleh Sub Divre Kedu, Rabu (18/07/18).

Hadir dalam kegiatan ini

  1. Katim Sergap Mabesad Kolonel Arh Bambang Suartono.
  2. Anggota Tim Sergap Mabesad Kolonel Cpm Yusri.
  3. Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P.
  4. Para Danramil Kodim 0709/Kbm
  5. Para Pasi Kodim 0709/Kbm
  6. Kepala Gudang Bulog 502 Kab. Kebumen Bpk. Sis Edi Santoso
  7. Kadistapang Kebumen Ibu Ir. Pudji Rahayu

h  Tim Satker Subdivre Kedu Ibu Sri Emilia Mudiyanti

  1. Perwakilan Kementan RI Ibu Dr. Inti Pertiwi
  2. Perwakilan mitra Bulog Kab Kebumen Bpk. Sudarto

Katim Sergap Mabesad Kolonel Arh Bambang Suartono mengatakan, “ Kami Tim Sergap Mabesad datang ke Kab. Kebumen untuk mengevaluasi sejauh mana daya serap gabah petani yang dilakukan Bulog, sekaligus untuk mengetahui permasalahan yang berada di wilayah. Tugas Tim sergap Mabesad mempunyai visi dan misi yang sama dengan mitra Bulog untuk mencapai target serapan gabah petani sekaligus pencapaian target swasembada pangan, karena untuk kedepan tantangan kita sangat berat.

Lanjut Bambang, Tujuan utama kami adalah mencegah kesenjangan sosial antara produsen dan konsumen dan memberikan solusi agar daya serap Bulog dapat tercapai sesuai target yang diharapkan yakni 240 Ton per hari sekaligus mengendalikan harga apabila harga sudah melebihi batas dari HPP.

Guna meningkatkan daya serapan maka pihak Bulog dihimbau untuk memberikan batas toleransi kadar air dari 14 % menjadi 14,5 % sehingga pihak mitra tidak mengalami kerugian saat beras di serap oleh Bulog dan pencapaian target Bulog bisa terpenuhi.

Dalam kesempatan yang sama Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P juga mengatakan, “Penjualan oleh mitra ke Bulog diharapan terjadi perimbangan, dari 24 mitra yang ada di wilayah Kab. Kebumen diupayakan mampu mengeluarkan 10 Ton/hari sehingga target 240 Ton/hari di gudang Bulog akan terpenuhi sesuai target tanpa mengurangi kerugian pihak mitra. Mitra juga bisa menjual ke luar Bulog. Jika ini sudah disepakati maka target dari Subdivre kedu 240 Ton/hari akan bisa terpenuhi.

Usai rapat Tim dan rombongan serta para tamu undangan melaksanakan foto bersama dan kegiatan dilanjutkan meninjau Gudang Bulog 502 Kab. Kebumen sekaligus dilanjutkan meninjau lahan panen di Desa Padoluhur Kec. Klirong Kab. Kebumen. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *