Dandim 0709/Kbm Sebagai Irup Di Sekolah

Dandim 0709/Kbm Sebagai Irup Di Sekolah

Dandim 0709/Kbm Sebagai Irup Di Sekolah


KODIM 0709/KEBUMEN, Sebagai upaya pemberdayaan wilayah pada bidang demografi serta upaya memupuk nilai-nilai kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kejuangan, membangkitkan jiwa patriotisme dan memperkokoh rasa cinta terhadap tanah air bagi para generasi muda, terutama para pelajar MTs N 1 Kebumen, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P menyambangi ke setiap sekolah yang ada di wilayah Kab. Kebumen, salah satunya yakni MTs Negeri 1 Kebumen. Senin (27/8/2018).

Bersama para guru didampingi Danramil dan Babinsa, Dandim 0709/Kebumen langsung bertindak sebagai Irup saat upacara bendera di sekolah itu. Sebanyak 800 pelajar MTs Negeri 1 Kebumen upacara bendera berjalan dengan tertib dan khidmat.

“Ini adalah bagian pemberdayaan wilayah bidang demografi dan Kodim memiliki andil dalam memupuk nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta tanah air terhadap para pelajar sebagai generasi penerus bangsa dimasa datang. Sebagai anak bangsa, NKRI dan Merah Putih serta keutuhan Negara ini adalah harga mati, tidak bisa ditawar-tawar lagi, ” kata Dandim dalam amanatnya.

Dikatakan Dandim, anjangsana ke sekolah-sekolah itu sudah menjadi bagian upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang harus dibangun dan harus memiliki karakter bangsa, sebagai pondasi kekuatan bangsa, maka upaya ini akan terus ada dan tetap akan dilakukan sebagai tolok ukur suatu kesiapan mental para generasi muda kedepan. Selain itu, kegiatan anjangsana ke sekolah-sekolah juga sebagai bentuk usaha menjaga integritas bangsa dan negara, sebagaimana yang diamanatkan UUD 1945 Pasal 30 ayat 2.

Sehingga, kesadaran bela negara harus dibangun dan dibina dalam setiap warga negara sejak usia dini. Salah satu caranya yaitu, melalui pendidikan interaktif, partisipatif dan progesif sepanjang hayat, tegasnya.

Plt MTs N 1 Kebumen Satim Wazdy, S.Ag. M.Pd menanggapi serius peran yang dilakukan TNI, TNI sangat berperan dalam membantu tugas pemerintah, khusunya menjada NKRI. Seperti yang diamantkan dalam UU RI No 34 tahun 2004 tentang TNI.

“Kami mengapresiasikan sekali langkah – langkah yang ditempuh TNI dalam pemberdayaan komponen cadangan para siswa pelajar, justru dimulai dari usia dinilah maka pembenahan para generasi muda dapat diwujudkan sebagai benteng kemandirian karakter,” imbuh Satim.(Pard)

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *