30 Anggota Baru Saka Wira Kartika Koramil 16/Petanahan dikukuhkan

30 Anggota Baru Saka Wira Kartika Koramil 16/Petanahan dikukuhkan

30 Anggota Baru Saka Wira Kartika Koramil 16/Petanahan dikukuhkan

KODIM 0709/KEBUMEN, Markas Koramil 16/Petanahan menjadi tempat pelaksanaan upacara pengukuhan 30 anggota baru Satuan Karya Wira Kartika. Bertindak selaku pembina upacara Danramil 16/Petanahan Kapten Inf Lusiman, kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 29 September 2018 ini diawali penyematan pita peserta.

Semua rangkaian kegiatan dijalankan menggunakan sistem among dan prinsip-prinsip metode pendidikan kepramukaan. Tujuannya tidak lain untuk mengembangkan dan membina watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan para anggota Pramuka.

Sebagai pelatih, Koramil 16/Petanahan menugaskan 4 anggotanya yang dipimpin oleh Peltu Panggih. Tanpa adanya halangan yang berarti, kegiatan dapat diterima dengan baik oleh peserta hingga dilaksanakannya pengukuhan selesai.

Komandan Koramil 16/Petanahan, Kapten Inf Lusiman, saat dikonfirmasi menyatakan bahwa kegiatan tersebut memang sudah direncanakan dengan baik beberapa waktu lalu, termasuk menujuk 4 personel yang dinilai mampu menjadi pelatih. Hal tersebut di samping sebagai program yang telah ditentukan oleh komando atas, juga sebagai bagian dari pembinaan teritorial dari koramil itu sendiri. Lebih khusus lagi, kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembinaan perlawanan wilayah dengan memantapkan bela negara generasi muda melalui Pramuka Satuan Karya Wira Kartika.

Tidak berbeda dengan apa yang sampaikan Kapten Inf Lusiman, Peltu Panggih saat dikonfirmasi juga mengatakan, “bahwa Pramuka Saka Wira Kartika dibentuk untuk memiliki kerja sama ini adalah salah satu wadah generasi muda dan pelajar untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan pada bidang matra darat,” tegasnya.

Ditambahkan Panggih, “bahwa gerakan pramuka dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan luar sekolah yang bertujuan untuk menunjang kemantapan pertahanan negara. Ini diterapkan pada beberapa materi mulai materi mountenering, pioneering, survival, penganngulangan bencana dan materi navigasi darat, sehingga harapan kami bagi para anggota saka akan mendapat pendidikan kepramukaan sekaligus kemantapan wawasan kebangsaan dan bela negara. Ke depannya, diharapkan para lulusan dapat menjadi relawan saat terjadinya bencana alam serta memiliki bekal dalam meniti masa depan sebagai generasi bangsa. Pengukuhan Pramuka Satuan Karya Wira Kartika merupakan kegiatan yang mengedepankan aplikasi lapangan sebagai wujud kesiapan komponen cadangan dalam membantu tugas-tugas TNI AD di wilayah.

Kegiatan ini bukan hanya merupakan tindak lanjut program Gerakan Pramuka saja melainkan program gerakan pramuka kwartir Nasional. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para generasi muda dimasa kini dan mendatang.

Usai kegiatan pengukuhan para anggota baru Saka Wira Kartika itu langsung dibekali materi pertama oleh Bati Tuud Koramil 16/Petanahan Peltu Panggih dan dilanjutkan pelajaran kepramukaan oleh kepala Kwaran Bpk Suro Irawan. Pelajaran lain yang diberikan termasuk pelajaran baris berbaris oleh Sertu Nurul Yakin dan Kopda Jaka di halaman apel Markas Koramil 16/Petanahan (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *