Babinsa Koramil 16/Petanahan Dampingi Bantuan Benih Padi

Babinsa Koramil 16/Petanahan Dampingi Bantuan Benih Padi

Babinsa Koramil 16/Petanahan Dampingi Bantuan Benih Padi

KODIM 0709/kEBUMEN. Babinsa Desa Grogolbeningsari Kopka Kamilin anggota Koramil 16/Petanahan melaksanakan kegiatan pendampingan penyerahan bantuan benih padi jenis Mekongga sebanyak 500 Kg kepada kelompok tani Sri Rejeki di Desa Grogolbeningsari Kec. Petanahan Kab. Kebumen, (Sabtu 15/09/18).

Kegiatan pendampingan penyerahan bibit padi Mekongga ini guna persiapan masa tanam pada perdana bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019 yang secara simbolis penyerahannya diterima di Rumah Bpk Musdarin Ketua Kelompok Tani Sri Rejeki Desa Grogolbeningsari.

Hadir dalam kegiatan ini Kadistapang Kec Petanahan yang diwakili oleh Ibu Ani, Kades Grogolbeningsari yang diwakili oleh Kaur Maryono, Babinsa Koramil 16/Pth Kopka Kamilin.sebagai Babinsa Desa Grogolbeningsari dan para anggota kelompok tani sebanyak 45 orang.

“Melalui pemberian bibit ini diharapkan para petani lebih siap dalam menghadapi masa tanam perdananya kedepan sekitar bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019, Bibit padi Mekongga merupakan persilangan antara padi jenis Galur A2970 yang berasal dari Arkansas Amerika Serikat, dengan varietas yang sangat populer di Indonesia yaitu IR 64. Umur tanam Mekongga cukup singkat yaitu hanya 116 hingga 125 hari. Secara fisik, bentuk tanamannya tegak dengan tinggi tanaman berkisar antara 91 sampai 106 cm. Anakan produktif 13-16 batang.

Bentuk gabahnya sendiri ramping panjang dengan tekstur rasa beras yang pulen karena kadar amilosanya mencapai 23 persen. Bobot 1000 butir gabah Mekongga yaitu 28 gram sehingga kurang lebih potensi hasil varietas ini mencapai 8,4 ton per hektar dengan budidaya yang tepat tentunya.Dan yang lebih unggul dari jenis bibit ini yaitu tahan terhadap hama wereng coklat biotipe 2-3 serta tahan terhadap penyakit bakteri daun atau yang dikenal dengan nama strain IV, ” pungkas Ibu Ani. (Pard)

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *