Dandim Berikan Wasbang Mahasiswa UMNU Kebumen

Dandim Berikan Wasbang Mahasiswa UMNU Kebumen

Dandim Berikan Wasbang Mahasiswa UMNU Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada 99 orang Mahasiswa Baru Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen dalam rangka kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) tahun akademik 2018/2019 dengan mengusung tema “ Peran Kampus Kridatama dalam menghadapi Era Rovolusi Industri 4.0” bertempat di aula Kampus UMNU Kebumen, Jum’at (21/09/18).

Turut hadir mendampingi Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P, Rektor UMNU Kebumen Dr. H. Khomsin, M.Pd dan ketua penyelenggara Alek Andika, M.Pd.

Dalam kegiatannya Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P memberikan pengarahan tentang peran serta generasi muda dalam bela negara melawan radikalisme dan terorisme di Indonesia. Tujuan diberikannya nilai-nilai kebangsaan bagi para Mahasiswa baru ini untuk membentuk sikap, prilaku dan karakter generasi muda yang hebat, yakni generasi muda yang beriman, berprestasi, berjiwa nasionalisme, berkarakter dan memiliki jiwa sehat jasmani dan rokhani. Tujuan lainnya dalam pembekalan ini adalah menyiapkan para generasi muda yang berwawasan kebangsaan serta menyiapkan kader-kader pemimpin yang memiliki moral Pancasila dalam menghadapi kompetisi global dewasa ini.

“Peran pemuda sepanjang sejarah selalu terdepan, sehingga motornya adalah bagaimana peran generasi muda sekarang dalam menghadapi Indonesia Emas tahun 2045, tentunya hal ini harus disiapkan sejak sekarang disemua strata kehidupan termasuk kehidupan kampus sehingga akan mampu mengemban amanat negara dengan baik.” terang Dandim.

Perlunya pembekalan ini adalah untuk mewujudkan generasi yang kuat dan hebat, ditambahkan Dandim “kedepan ancaman akan semakin nyata jika mulai saat ini kita tidak memiliki wawasan kebangsaan yang kuat. Bela negara bukanlah militerisasi namun suatu bela negara adalah milik setiap warga negara yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan strata kehidupan masing-masing. Disemua aspek kehidupan termasuk di lingkungan kampus,  dalam kehidupan kampus tentunya bela negara bisa diwujudkan dalam bentuk memacu budaya belajar dan berlatih guna mencari jati diri yang harus disiapkan guna menyusun langkah kedepan.

Ancaman lain seperti Proxy war, Narkoba, berita hoax media sosial juga harus kita waspadai. Untuk itu kita harus bijak dan cermat karena ancaman kedepan semakin nyata dan kita para generasi muda harus bisa menyikapi hal itu dengan nilai wawasan kebangsaan yang mantap dan dinamis, mari kita perkuat nasionalisme kita agar bisa menjadi bangsa pemenang.

Bangsa Indonesia memiliki sejarah dan mari kita belajar dari pengalaman sejaran bangsa, agar kita bisa bangga terhadap bangsa sendiri, ingat kita punya Pancasila dan UUD 45 yang sangat pundamental dan jangan kita kehilangan keduanya. Pegang teguh persatuan dan kesatuan, cintai perbedaan karena perbedaan itu anugrah Tuhan. Perkuat ke-Bhineka-an kita, kalau tidak ada Islam bukan Indonesia, Kalau tidak ada Kristen bukan Indonesia, kalau tidak ada Hindu bukan Indonesia, kalau tidak ada  Budha bukan Indonesia dan kalau tidak ada aliran kepercayaan juga bukan Indonesia, itulah keragaman. Pendidikan Moral dan Bela Negara harus tetap kita kembangkan sebagai syarat kemajuan bangsa.” imbuhnya. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *