Pasiter Kodim 0709/Kebumen Bekali Wasbang Bagi Mahasiswa Baru

Pasiter Kodim 0709/Kebumen Bekali Wasbang Bagi Mahasiswa Baru

Pasiter Kodim 0709/Kebumen Bekali Wasbang Bagi Mahasiswa Baru


KODIM 0709/KEBUMEN, Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Bambang Muldianto berkesempatan memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan pada 329 Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Gombong, bertempat di Gedung Rektorat STIKes Muhammadiyah Gombong Jln. Yos Sudarso No. 461 Gombong, Kebumen, Rabu (12/09/18).

Kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan ini dilakukan terkait Pengenalan Kehidupan Kampus Baitul Arqom dan Matrikulasi bagi Mahasiswa Baru STIKes Muhammadiyah Gombong Tahun Akademik 2018/2019.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk pembinaan kesadaran bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta menanamkan jiwa nasionalisme yang kuat, melalui pembentukan sikap dan karakter generasi bangsa guna penguatan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan Indonesia kedepan.

Dalam arahannya Kapten Inf Bambang Muldianto mengatakan, “bahwa sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Terkait hal itu, untuk menjamin kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara itu pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.

”Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata” ujarnya.

Selain itu, Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Bambang Muldianto menambahkan, bahwa sebagai warga negara dalam upaya bela negara memiliki tiga prinsip, yakni Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa, juga memiliki lima unsur Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara serta Kemampuan Awal Bela Negara, hal tersebut yang dilandaskan pada Yuridis UUD 1945 pasal 27 (3).

”Yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, dan juga pada Pasal 30 (1), yakni tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara” imbuhnya. 

Pada kesempatan ini pula ditekankan terkait bagaimana peran generasi muda dalam menghadapi tantangan Indonesia di abad ke 21 dimana masih diperlukan adanya penguatan pendidikan wawasan kebangsaan guna menangkal erosi nasionalisme yang dirasa saat ini sudah mulai terlihat, mendorong kembali daya juang dan motivasi berprestasi yang tinggi.

“Kita harus belajar dari pengalaman bangsa-bangsa lain yang survive dan maju di era globalisasi dan memegang teguh jati diri serta kultur bangsanya. Kesimpulannya, tidak ada alternatif lain bagi Bangsa Indonesia untuk bangkit, bersatu, bekerja keras, bangkitkan militasi bangsa. Kata kuncinya, kebutuhan untuk berprestasi dan kemauan untuk berkompetisi dalam mengaktualisasikan jati diri dan kultur bangsa yang merupakan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia, jaga dan pelihara bahwa kita sebagai bangsa yang santun dan bersahaja, mandiri, memelihara tingkat toleransi, memupuk keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.” pungkasnya. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *