Anggota Kodim 0709/Kebumen Ikuti Pelatihan Kemanan data

Anggota Kodim 0709/Kebumen Ikuti Pelatihan Kemanan data

Anggota Kodim 0709/Kebumen Ikuti Pelatihan Kemanan data

KODIM 0709/KEBUMEN, Serka Supardi anggota Stafter Kodim 0709/Kebumen pada hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018 pukul 08.30 Wib sampai dengan selesai telah menghadiri undangan pelatihan manajemen Website yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kab. Kebumen yang diikuti oleh 105 orang dari anggota OPD se Kab. Kebumen, anggota Kecamatan se Kab. Kebumen, instansi TNI dan organisasi di lingkungan Pemkab Kab. Kebumen. Kegiatan bertempat Ruang Jatijajar Kompleks Pendopo Rumdin Bupati Kebumen. Hadir sebagai pemateri Bpk. Mustofa dari Inixindo Yogyakarta.

Inti materi yang disampaikan :

  1. a) Pada era global seperti sekarang ini, keamanan sistem informasi berbasis Internet menjadi suatu keharusan untuk lebih diperhatikan, karena jaringan internet yang sifatnya publik dan global pada dasarnya tidak aman. Pada saat data terkirim dari suatu komputer ke komputer yang lain di dalam Internet, data itu akan melewati sejumlah komputer yang lain yang berarti akan memberi kesempatan pada user tersebut untuk mengambil alih satu atau beberapa komputer. Kecuali suatu komputer terkunci di dalam suatu ruangan yang mempunyai akses terbatas dan komputer tersebut tidak terhubung ke luar dari ruangan itu, maka komputer tersebut akan aman. Pembobolan sistem keamanan di Internet terjadi hampir tiap hari di seluruh dunia.
  2. b) Akhir-akhir ini kita banyak mendengar masalah keamanan yang berhubungan dengan dunia internet. Di Indonesia sendiri beberapa orang  telah ditangkap karena menggunakan kartu kredit curian untuk membeli barang melalui internet.  Akibat dari berbagai  kegiatan ini diduga kartu kredit dari Indonesia sulit digunakan di internet (atau malah di toko biasa di luar negeri). Demikian pula pembeli dari Indonesia akan dicurigai dan tidak dipercaya oleh penjual yang ada di internet.
  3. c) Kejahatan cyber atau lebih dikenal dengan cyber crime adalah suatu bentuk kejahatan virtual dengan memanfaatkan media komputer yang terhubung ke internet, dan mengekploitasi komputer lain yang terhubung juga pada internet. Adanya lubang-lubang keamanan pada system operasi menyebabkan kelemahan dan terbukanya lubang yang dapat digunakan para hacker, cracker dan script kiddies untuk menyusup ke dalam computer tersebut. Kejahatan yang terjadi dapat berupa :

(1)       Pencurian terhadap data

(2)       Akses terhadap jaringan internal

(3)       Perubahan terhadap data-data penting

(4)       Pencurian informasi dan berujung pada penjualan informasi

  1. d) Keamanan Komputer dalam Internet. Saat kita menggunakan komputer dengan koneksi internet untuk keperluan penting yang membutuhkan privasi dan integritas tinggi, baik yang bersangkutan dengan transaksi maupun tukar menukar data yang sifatnya privat, maka harus diperhatikan beberapa syarat keamanan Internet di bawah ini.

(1)       Privacy / Confidentiality. Sistem harus memastikan bahwa informasi dikomunikasikan dan disimpan secara aman dan hanya dapat diakses oleh mereka yang berhak saja. Data- data pribadi yang bersifat pribadi harus dapat terjaga dan dapat di pastikan terproteksi dengan baik. Contoh kasus seperti usaha penyadapan (dengan program sniffer).  Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan privacy dan confidentiality adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi.

(2)       Integrity. Sistem harus memastikan bahwa informasi dikirimkan secara menyeluruh, lengkap dan dalam keadaan tidak berubah. Informasi yang dikirim tidak bisa diubah tanpa seijin pemiliknya.Contoh serangan adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain.

(3)       Availability.   Sistem yang bertugas mengirimkan, menyimpan dan memproses informasi dapat digunakan ketika dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkannya. Contoh hambatan “denial of service attack” (DoS attack), dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu) yang bertubi-tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash.

(4)       Authenticity. Sistem harus memastikan bahwa pihak, obyek, dan informasi yang berkomunikasi adalah riil dan bukan palsu.  Adanya Tools membuktikan keaslian dokumen, dapat dilakukan dengan teknologi watermarking(untuk menjaga“intellectual property”, yaitu dengan meni dokumen atau hasil karya dengan “tangan” pembuat ) dan digital signature.

  1. e) Salah penggunaan program dapat juga mengakibatkan terjadinya lubang keamanan. Kesalahan menggunakan program yang dijalankan dengan menggunakan account root (super user) dapat berakibat fatal. Sering terjadi cerita horor dari sistem administrator baru yang teledor dalam menjalankan perintah “rm -rf” di sistem UNIX (yang menghapus berkas atau direktori beserta sub direktori di dalamnya). Akibatnya seluruh berkas di system menjadi hilang mengakibatkan Denial of Service (DoS). Apabila system yang digunakan ini digunakan bersama-sama, maka akibatnya dapat lebih fatal lagi. Untuk itu perlu berhati-hati dalam menjalan program, terutama apabila dilakukan dengan menggunakan account administrator seperti root 
  2. f) Untuk melindungi data, diperlukan proteksi yang cukup aman seperti password. Password adalah kombinasi unik dari karakter (angka dan huruf) yang berkatian dengan pengguna untuk mengijinkan akses ke sumber data tertentu. Penggunaan password biasanya disertai dengan user ID yang terdiri dari karakter juga. Semakin panjang kombinasi dari password, semakin aman juga data tersebut diproteksi.

Contoh lain adalah penggunaan passphrase, yaitu kombinasi kata yang terdiri dari campuran kapitalisasi yang terkait dengna pengguna. Passphrase lebih aman dari password karena lebih mudah diingat menimbang isinya adalah kata.

Beberapa website menggunakan sistem CAPTCHA. CAPTCHA atau Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart, adalah program yang dirancang oleh Carniege Melon University untuk memverifikasi pengguna adalah komputer atau bukan.

Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *