Pangdam dan Kapolda Pimpin Apel 3 Pilar Kebumen

Pangdam dan Kapolda Pimpin Apel 3 Pilar Kebumen

Pangdam dan Kapolda Pimpin Apel 3 Pilar Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa, Babinkamtibmas dan Kades/Lurah se Kab. Kebumen mengikuti kegiatan Apel 3 Pilar dalam rangka mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 yang tertib, aman dan peran untuk menciptakan wilayah yang kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen, bertindak selaku Komandan Apel Wakapolres Kebumen Kompol Prayudha Widiatmoko, S.I.K dengan Perwira Apel Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Cipto Rahayu, S.H. Kegiatan apel 3 pilar ini sendiri diikuti sedikitnya 1.500 orang yang dipusatkan di alun alun Kebumen Jl. Pahlawan, Rabu (3/10/18).

Apel 3 Pilar itu langsung dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, MM, M. HUM, dan dihadiri Aster Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Satyo Ariyanto, Dirbinmas Polda Jateng Pol Drs. Budi Utomo M.H, Kasiter Korem 072/Pmk Kolonel Inf Jaelan, Jajaran Forkompinda Kab Kebumen, Unsur penyelenggara Pemilu 2019 Kab Kebumen, Para Ketua Parpol Daerah Kab Kebumen, Tokoh Agama se Kab. Kebumen, Muspika se Kab. Kebumen, para Babinsa, Babinkamtibmas dan Kades/Lurah se Kab. Kebumen.

Mengawali sambutannya, Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, MM, M. HUM mengajak kepada seluruh peserta apel 3 pilar untuk mengheningkan cipta seraya menundukan kepala sejenak untuk mendoakan bagi saudara-saudara kita yang tertimpa musibah gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dengan harapan mereka senantiasa diberikan kesabaran, ketabahan dalam menghadapi musibah tersebut.

Lanjut Kapolda, dinamakan Apel Tiga Pilar karena ditujukan kepada para Babinsa, para Babinkamtibmas dan para Kades/Lurah yang dilibatkan sehingga menjadi 3 pilar penting disuatu Kabupaten, Apel 3 Pilar ini kita ingin menciptakan soliditas TNI/Polri serta Kades/Lurah sebagai unsur pendukung pemerintahan yang harus kuat dan kompak. Tidak hanya hubungan kedinasan semata, melainkan hubungan diluar dinas pun tetap harus mencerminkan soliditas yang utuh. Mari kita ciptakan iklim politik sejuk, kami sangat bangga dengan anda-anda sebagai ujung tombak Kodam dan Polda, terima kasih atas pengabdian selama ini sebagai 3 Pilar Desa/Kelurahan sebagai element penting membaktikan diri kepada rakyat memiliki rasa kepercayaan tinggi dari masyarakat.

Lanjut Kapolda, dalam setiap kesempatan dirinya selalu mensosialisasikan tentang komitmen bersama dalam mengedepankan Netralitas baik kepada jajaran TNI maupun jajaran Polri yang bekerjasama dengan Pemda serta stakeholder terkait lainnya.

Terkait Pileg dan Pilpres yang sudah memasuki masa kampanye, Kapolda menghimbau kepada ke tiga pilar untuk senantiasa selalu bersinergi untuk mewujudkan wilayah Desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Kebumen yang aman, tentram, sejuk dan Kondusif. “Babinsa, Babinkamtibmas dan Kades atau pun Lurah adalah sebagai ujung tombak dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing, lakukan langkah langkah yang terbaik bagi keamanan wilayah, jaga nama baik satuan, jangan mencoreng nama institusi” ujar Kapolda.

Kapolda berharap agar para Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa ataupun Lurah mampu mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di wilayahnya masing-masing ditingkat bawah, sehingga tidak menjadi persoalan yang muncul menjadi besar ditingkat atas. ”Kita harus memahami dengan tugas dan tanggungjawab. Segera lakukan sistem lapor dan temu cepat, mengatasi dengan cepat sebelum persoalan-persoalan itu menjadi konflik yang lebih besar. Selain itu, langkah untuk menghindari kemungkinan terjadinya gesekan dibeberapa wilayah, Kapolda dan jajarannya juga sudah melakukan beberapa langkah-langkah  strategis diantaranya dengan Pre emtif dan Preventif,” imbuh Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto juga berharap ketiga pilar baik Babinsa, Babinkamtibmas maupun Kepala Desa atau Lurah harus tetap bersinergi dalam menjalankan tugas serta fungsinya dalam mewujudkan Kebumen yang aman dan kondusif. ”kalian bertiga lah sebagai kunci sukses menciptakan wilayah yang kondusif, ” terang Pangdam

Masih menurut Pangdam, peran Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah dan Kades yang membuat bangsa lain segan terhadap bangsa ini, bukan karena persenjataannya namun karena kedekatan dan bersatunya antara unsur TNI, Polri dan Rakyat. Deteksi dini dan Cegah dini adalah langkah yang tepat dan harus dilakukan oleh para Babinsa dan para Bhabinkamtibmas dengan merangkul unsur pemerintahan terkait dalam mengatasi persoalan-persoalan.

Lurah Jatiluhur Ibu Amsiati, S.E mengapresiasi kegiatan Apel Tiga Pilar ini dengan  diharapkan akan memberikan warna sejuk bukan saja dalam menghadapi perhelatan Pilkada dan Pilpres 2019 saja, namun dalam setiap situasi apapun kita harus tetap solid dan berkomitmen menciptakan wilayah agar tetap kondusif. “Saya apresiasi, karena dengan tiga pilar, hingga saat ini, situasi kamtibmas di wilayah khususnya Kebumen dalam keadaan aman dan tentram,” jelas Buam. Sapaan akrabnya (Pard)

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *