Pasiter Ajak Generasi Muda Lakukan Perubahan Untuk Indonesia Satu

Pasiter Ajak Generasi Lakukan Perubahan Untuk Indonesia Satu

Pasiter Ajak Generasi Lakukan Perubahan Untuk Indonesia Satu

KODIM 0709/KEBUMEN, Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Bambang Muldianto memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada 100 pemuda dari unsusr OKP se Kab. Kebumen bertempat di Gedung Aula Kampus IAINU Kebumen, Rabu (31/10/18). Seminar kepemudaan ini digelar dalam rangka memperigati hari sumpah pemuda ke 90 tahun 2018 tingkat Kabupaten Kebumen dengan tema “Revitalisasi gerakan pemuda dalam menghadapi era milenial, “ yang dihadiri oleh :

a. Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Bambang Muldianto.
b. Kabid Kepemudaan dan olahraga Dispora dan Pariwisata Kab. Kebumen Edy Sukamsi. S.Pd., M.M., Pd.

c. Rektor STIE Putra Bangsa Kebumen Aris Susetyo, S.E., M.M., Ak.
d. Kepala Kantor Kemenag Kab. Kebumen Kyai Fahrudin, S. Pd., I.
e. Kepala Dinkes Kab. Kebumen Kusbiyantoro.
f. Ketua KNPI Kab. Kebumen Benyanto AS.
g. Peserta 100 orang pemuda dari unsur OKP se Kab. Kebumen.

Sambutan Kepala Bidang kepemudaan dan olahraga Dispora dan Pariwisata Kab. Kebumen Edy Sukamsi. Menjadikan generasi muda sebagai pewaris tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Sejarah kebangkitan bangsa Indonesia berawal dari gerakan pemuda pada masa dibawah tekanan penjajahan yakni lahirnya Sumpah Pemuda. Mari kita gali potensi itu untuk memacu semangat cermin estafet kepemimpinan bangsa, jadilah pemuda yang berkualitas.

Inti materi yang disampaikan. Pada acara Revitalisasi Gerakan Pemuda dalam menghadapi Era Milenial yang disampaikan oleh :

1. Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Bambang Muldianto :

a. Saya mengapresiasi pentingnya silaturahmi ini sebagai wadah pemersatu segenap eleman bangsa dalam menjaga keaneka ragaman untuk kelancaran proses pembangunan di wilayah Kab. Kebumen.

b. Nilai yang terkandung dalam jiwa pemuda yakni menjadikan semangat kebangsaan, paham kebangsaan dan rasa kebangsaan yang mendasari jiwa nasionalisme kaum muda dan harus dipegang teguh sebagai karakter serta jati diri bangsa yang memiliki martabat luhur.

c. Jadikan diri kalian sebagai agen perubahan dalam menghadapi persaingan global dewasa ini jangan mudah terprovokasi dan terpancing oleh isue-isue yang akan memecah belah persatuan bangsa. Bangun terus rasa nasionalisme kalian, ingat Indonesia ada karna sumpah pemuda yang telah bertekat dengan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.

d. Kalian adalah tempat untuk bertanya, tempa dirimu dengan gagah perkasa dan jadikanlah diri kalian sebagai teladan untuk diri dan keluarga serta bangsa ini jika kelak kalian ingin mengubah dunia. Mulailah berkreasi dan jangan menunggu. Jadilah generasi muda yang penuh inovatif dan kreatif penuh semangat dan tatap masa depan dengan perjuangan. Sebagai generasi muda milenial yang hebat adalah tidak mengabaikan hal yang fundamental yakni Pancasila, UUD 45, Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an. Lalu bagaimana bisa menjadi generasi yang hebat ? yakni generasi yang beriman, sehat jasmani rokhani, berjiwa nasionalisme, memiliki karakter dan memiliki kemampuan berprestasi dan memiliki daya saing.

e. Ancaman bangsa selalu ada baik ancaman terorisme ataupun ancaman Narkoba. Untuk itu tidak ada cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan selalu berpegang teguh kepada Pancasila yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

f. Sejarah kebangkitan Bangsa Indonesia, mulai dari lahirnya Kerajaan Sriwijaya, Majapahit dan lainnya sampai dengan Kebangkitan Nasional pada tahun 1908 dan Sumpah Pemuda pada tahun 1928, sudah cukup bisa memberikan dorongan semangat kaum muda generasi milenial untuk selalu memegang teguh nasionalisme dan kedaulatan NKRI.

2. Kepala Dinkes Kab. Kebumen. Revitalisasi dalam kontek kami yakni membangkitkan kembali aset bangsa sendiri yang terlena dari kubangan keterpurukan, sibuk berkulat dalam urusan galau saja, masih merasa baik-baik saja ditengah kengerian yang terjadi disekitarnya. Perlu adanya jurus yang tepat untuk membangkitkan kembali kontribusi pemuda dalam membangun bangsa yang berdaulat. Mari kita wujudkan generasi milenial yang sehat dengan tidak merokok yang akan mengganggu kesehatan diri dan orang lain. Inilah refleksi revitalisasi gerakan pemuda yang senantiasa sehat tanpa asap rokok. Hindari pergaulan bebas, jauhi Narkoba dan waspadai penyebaran virus HIV/AIDS. Kebumen menempati peringkat pertama penyebaran HIV/AIDS. Mari kita ciptakan generasi muda yang sehat dan cerdas untuk bangsa dan negara.

3. Rektor STIE Putra Bangsa Kebumen. Sebagai pemuda perlu kita menggali potensi-potensi yang dimiliki dan terus melakukan perubahan untuk kemajuan bangsa dan negara kita dengan ciri-ciri suka musik, suka olahraga, suka teknologi dan suka perkembangan serta dinamika perubahan jaman, namun perlu kita ingat kita punya yang sangat penting jangan tinggalkan nilai-nilai luhur yakni iman, taqwa, kerja keras, ulet, tangguh sehingga kita bisa menjawab tantangan era milenial. Tiga kesiapan pemuda milenial ialah memiliki Ahklak mulia, Jujur dan Nasionalisme. Kemajuan teknologi jangan memperbudak keadaan tetapi kita harus mampu memanfaatkannya, jangan puas dengan kejayaan masa lalu, justru kita punya kewajiban untuk mewujudkan dimasa sekarang dengan karakter, kopetensi dan literasi.

4. Kepala Kantor Kemenag Kab. Kebumen. Wujudkan karakter pemuda ulil albab menuju hidup yang barokah. Pemuda jangan berkata tidak pemuda harus bisa, bisa wujudkan kehidupan bangsa yang dilandasi iman, jika memiliki iman kita mau berbuat dosa malu, mau korupsi malu, melanggar aturan juga malu ini budaya yang harus tetap dijaga. Tumbuhkan jiwa muda yang tercermin dalam sumpah pemuda. Generasi muda harus memadukan antara ilmu dan agama menjadi satu kesatuan guna menuju Indonesia yang sejahtera untuk mencapai sejahtera sebagai pemuda jangan berhenti belajar untuk membedah cita-cita dan harapan bangsa yang bermartabat. Bentuk jaringan kemitraan sebagai sarana mengembangkan bangkat namun tetap dalam koridor kebangsaan.

Dari kegiatan tersebut berhasil disimpulkan sebagai berikut :

a. Dalam setiap pelaksanaan kegiatan utamakan Tabayun, baca tuntas isinya, cermati sumbernya, hindari penyebaran hoax itulah sikap kita selaku pemuda.

b. Sinergitas pemuda dengan kesehatan yakni landasi keimanan dan ketaqwaan yang kuat sehingga mampun menghindari perbuatan dosa seperti Narkoba, perilaku seks bebas dan lain sebagainya yang penting kita harus bisa berlaku bersih dan sehat, konsumsi makanan yang halal, gizi seimbang dan sehat, maka akan melahirkan generasi milenial yang kuat dan berpotensi, itu harapan kita semua. Hindari juga kebiasaan merokok karena para remaja terindikasi peningkatan merokok yang cukup drastis meningkat.

Pukul 11.30 WIB kegiatan selesai dalam keadaan aman dan lancar dilanjutkan ikrar butir sumpah pemuda oleh seluruh penyelenggara dan peserta seminar serta undangan yang hadir.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *