Ribuan Masyarakat Padati Markas Kodim 0709/Kebumen

Ribuan Masyarakat Padati Markas Kodim 0709/Kebumen

Ribuan Masyarakat Padati Markas Kodim 0709/Kebumen


KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Zamril Philiang yang didukung GP Ansor Cabang Kebumen menggelar acara Kodim bersholawat dalam rangka peringatan hari jadi TNI ke 73 tahun 2018. Kodim bersholawat hasil gagasan pejabat Dandim lama Letkol Kav Suep, S.I.P yang kini tengah menduduki jabatan sebagai Katim Gadik Depsos Akmil Magelang tersebut menuai sukses dalam pelaksanaannya. Meski dirinya tidak lagi menjabat sebagai Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep beserta istri nampak hadir di acara tersebut. Kodim bersholawat ini mendapat antusias dan respon positif dari berbagai kalang masyarakat, mereka berpendapat agar kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan peringatan hari jadi TNI di masa-masa mendatang, acara yang berlangsung sejak pukul 19.30 hingga pukul 00.30 WIB itu dipadati ribuan muslimin, muslimat, para santri dan warga sekitar yang memenuhi halaman Markas Kodim 0709/Kebumen pada Jum’at malam (5/10/18).

Acara yang sedikitnya dihadiri sekitar 1500 masyarakat dari berbagai penjuru Kab. Kebumen itu, dimeriahkan aksi rebana gabungan TNI-Polri, aksi tabuh hadroh para santri dari Ponpes Puring dan diisi oleh dai cilik Kanza Mufidah anak kelas IV SD N Banjurmukadam Kec. Buluspesantren putri dari Sertu Sartono anggota Koramil 13/Buluspesantren Kodim 0709/Kebumen sebelum acara taushiyah inti dimulai.

Tampak hadir para tamu undangan, Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz, Almukarom KH. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), Ketua DPRD Kab. Kebumen H. Cipto Waluyo SKes Ns,  Wakapolres Kompol Prayuda Widiatmoko, Mantan Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, S.I.P, Dansecata A Gombong Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos, Kepala Kejaksaan Negeri Erry Pudyanto Marwantono, S.H., M.H, Para Kepala OPD Kab Kebumen, Ketua Pimp Cab NU Kab Kebumen, Ketua FKUB Kab. Kebumen, Para Pimpinan Pondok Pesantren se wilayah Kab. Kebumen (Gus Wahid Pimp Ponpes Jetis, Gus Afif Pimp Ponpes Somalangu, Kyai Maskur Rozak Pimp Ponpes Alian), Ketua Muhammadiyah Kab. Kebumen, Ketua MUI Kab Kebumen, Kakan Minvetcad IV/14 Gombong, Kalan Dislitbangad Buluspesantren, Kepala Sekolah SMA N 1 dan SMA N 2 Kebumen, Kepala Sekolah MAN 1 dan MAN 2 Kebumen, Ketua Muslimat PC NU, Ketua GP Ansor, Banser Kebumen, Ketua Fatayat NU Cabang Kebumen, Ketua Ikatan Pemuda Pemudi NU PC Kebumen, Direktur RSUD dr. Sudirman Kebumen, Direktur RS Permata Medika, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong, Direktur RS PKU Muhammadiyah Sruweng, Camat se Kab. Kebumen dan Kepala Kelurahan Panjer.

Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang sebagai Dandim baru menggantikan Letkol Kav Suep sempat memberikan perkenalan diri dan keluarga kepada seluruh hadirin yang hadir pada malam itu. Usai perkenalan Dandim mengajak semua pihak untuk selalu menjalin tali silaturahmi, baik antara ulama dengan TNI-Polri maupun antar masyarakat. “Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang selalu menjalin tali silarturahmi dengan sesamanya.” Tandas Dandim.

Lanjut Dandim, “Kita Bangsa Indonesia yang ber idiologi Pancasila terlahir dalam kondisi yang berbeda-beda dengan beragam suku, adat, budaya dan agama hendaknya semakin mamantapkan budaya saling menghormati, memantapkan persatuan dan kesatuan sebagai kekuatan dalam menjaga keutuhan NKRI. Sholawat ini merupakan wadah bagi kita untuk berinteraksi secara harmonis membangun bangsa sehingga timbul saling pengertian tentang peran dan tugas serta fungsi masing-masing untuk menciptakan iklim yang kondusif, selain itu melalui sholawat ini pula diharapkan dapat dijadikan sebagai solusi terbaik demi peningkatan kerjasama dalam rangka membangun karakter bangsa guna optimalisasi sistem pertahanan wilayah.

Bergulirnya reformasi merupakan komitmen bersama untuk menuju kearah yang lebih baik, namun reformasi yang diinginkan tidak sesuai dengan komitmen bersama dan cenderung pada reformasi politik saja, sedangkan membangun karakter bangsa guna memperkuat ketahanan wilayah masih terabaikan, Oleh Karena itu melalui kegiatan sholawat ini perlu di bangun kembali karakter bangsa guna memperkuat ketahanan wilayah. Sebagaimana tema pada hari ini “TNI bersama ulama menjaga keutuhan NKRI.”

Tahun depan adalah tahun politik yang juga persiapan menuju Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Oleh karena itu, kami Kodim 0709/Kebumen dan jajarannya akan terus menjaga netralitas sebagai Aparat Komando Kewilayahan. Sebagai Anggota TNI, kami bebas dari paham politik manapun sesuai amanat undang-undang RI tahun 2004 tentang TNI. Terkait tahun politik ini kami meminta kepada seluruh komponen masyarakat termasuk para alim ulama, para tokoh agama, para pemuka masyarakat agar ikut serta berpartisipasi dalam momentum ini, tentu harus dimanfaatkan dengan baik untuk membangun kebersamaan dalam mengawal Pemilu yang damai, demokratis, sejuk dan berwibawa. Pemilu damai adalah tanggungjawab kita bersama, yakni dengan cara memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan demi menangkal paham-paham yang ingin memecah belah persatuan kita.

Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian, ikut serta mensukseskan terselenggaranya Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 dengan damai dan kondusif. Disisi lain saya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan nilai-nilai ajaran agama, budaya, adat istiadat sebagai kearifan lokal serta senantiasa duduk bersama dan bermusyawarah dalam memyelesaikan semua permasalahan di masyarakat demi keberhasilan pembangunan menuju masyarakat yang bermartabat. Mari kita membangun masyarakat Kebumen yang sejahtera sesuai dengan tema malam ini, yang bisa kita jadikan sebagai pemicu untuk bangkitkan semangat kerja keras menuju Kebumen maju dan sejahtera.

Pelaksanaan kerja keras yang optimal akan mewujudkan kemanunggalan dalam berbagai sektor kegiatan. Banyak contoh-contoh kerja keras baik melalui kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik baik melalui karya bakti, bakti sosial dan sholawat akbar seperti yang kita wujudkan malam ini.

Semua itu harus terintegrasi dengan baik antara masyarakat dan kalangan tokoh masyarakat, agama, pemuda, para cendikiawan maupun para pelaku sejarah nasional, dan saya berharap melalui penyelenggaraan Kodim bersholawat ini akan mampu membangkitkan masyarakat dan generasi muda yang memiliki semangat juang tinggi dan pantang menyerah. Sebagaimana yang dilakukan para pahlawan kusuma bangsa, dengan bekerja keras disertai semangat juang tinggi dan tidak kenal menyerah, maka kita akan disegani bangsa-bangsa lain. Profesionalisme TNI untuk Rakyat itulah tekad yang menjadi motto pada peringatan ke 73 HUT TNI tahun ini untuk bisa menciptakan kondisi wilayah yang dinamis.

Mari kita senantiasa menjaga suasana aman suasana kondusif yang selama ini telah tercipta jangan karena beda pilihan kita justru terkotak-kotak, pilihan boleh beda tetapi rasa aman dan keamanan wilayah harus selalu terjaga.” Papar Dandim.

Sambutan juga disampaikan Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz,  “Selamat datang kepada Dandim 0709/Kebumen yang baru dan selamat bertugas di Kab. Kebumen ini, semoga dengan kehadirannya Kebumen semakin lebih maju, masih banyak PR yang harus kita selesaikan bersama, saya yakin Dandim baru juga akan memiliki semangat yang baru guna terciptanya iklim pembangunan di wilayah Kab. Kebumen yang semakin baik, saya mewakili seluruh warga Kebumen mengucapkan Dirgahayu ke 73 TNI dengan doa semoga TNI tetap jaya, sukses dan semakin dicintai rakyat.

Lanjut Yazid, saya juga mengingatkan bahwa tahun depan merupakan tahun politik, tetap jaga Pemilu damai dan sejuk, melalui sholawat ini semoga Kebumen akan tetap sejuk, ingat kita memiliki garis pantai sepanjang 56 Km, semoga dengan Kodim bersholawat ini kondisi kebumen tetap aman, nyaman terhindar dari balak dan bencana, tidak seperti yang terjadi di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Namun kita berdoa semoga saudara-saudara kita di Palu dan Donggala tetap diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.” ungkap Yazid.

Usai sambutan Wakil Bupati, acara pun dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang yang kemudian diserahkan kepada Gus Muwafiq sebagai simbol perayaan peringatan hari jadi TNI ke 73.

Dalam tausyiahnya KH. Ahmad Muwafiq atau yang sering disapa Gus Muwafiq dalam ceramahnya mengatakan, “ tetap jaga persatuan dan kesatuan, NKRI yang terdiri dari beribu pulau dan berbagai macam suku namun bisa bersatu, itu karena adanya landasan cinta tanah air, berbeda dengan di negeri Arab yang sulit bersatu karena bangsa Arab terdiri dari beberapa negara, namun kita yang berbagai bangsa bisa bersatu karena dalam satu negara, inilah keajaiban NKRI. Jadilah masyarakat yang bisa menjaga ke Indonesia an kita, dengan kita menempati wilayah maka sama dengan kita memelihara apa yang telah dilakukan para wali dimana para wali menjadikan wilayah kita ini menjadi mandiri berdasarkan tatanan Islam.

Mari kita mantapkan keislaman kita dengan menjauhkan dari tipu daya iblis yang berusaha untuk tetap menyesatkan manusia, mari kita pedomani Al Quran dan Al Hadist agar kita semua tetap selamat dunia akhirat. Islam di Indonesia indah dan memiliki keunikan tersendiri ini lah yang  membedakan dengan Islam di negara lain.

Sambung Gus Muwafiq, kita harus mampu memahami bahwa perbedaan merupakan sebuah qodrat. Menurutnya, hanya orang yang mampu memahami dan menghargai perbedaan yang akan mendapat titel inna akramakum indallahi atqaqum (sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang bertakwa).

“Hal inilah yang harus kita pahami dan merupakan pengamalan ajaran Islam di Indonesia, atau yang lebih di kenal dengan Islam Nusantara, tanpa menghilangkan esensi Islam dan mengakomodasi budaya setempat,” ujar Gus Muwafiq. “Dengan mengakomodir budaya, maka pengamalan agama akan kokoh di masyarakat,” pungkasnya. (Pard)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *