Upaya Pendampingan, Babinsa Panen Kedelai

Upaya Pendampingan, Babinsa Panen Kedelai

Upaya Pendampingan, Babinsa Panen Kedelai

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Serda Suratno melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian sebagai upaya khusus dalam rangka mencapai swasembada pangan nasional dengan melaksanakan panen raya bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mukti Tani di Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen, Rabu (10/10/18).

Panen di lahan seluas 90 ubin tersebut mampu menghasilkan kedelai berkualitas dengan hasil panen mencapai 3,9 Kwintal, hasil ini masih dibilang mengalami penurunan jika dibandingkan dengan hasil tahun lalu yang mampu mencapai 2,7 ton/hektar, sementara untuk panen saat ini hanya mampu menembus angka 2,5 ton/hektarnya.

“Memang hasil kali ini mengalami penurunan disebabkan sebagian tanaman banyak yang kosong buahnya hal ini karena curah hujan untuk saat ini sangat minim ujar Marino (55) ketua Gapokta Mukti Tani saat dikonfirmasi Tim Penkodim.

“Namun yang menjadi kesan tersendiri bahwa pelaksanaan panen kali ini menggunkan alat panen Power Thresser Multiguna sehingga pelaksanaan panen lebih cepat jika menggunakan alat yang manual, “imbuh Marino. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *