Dandim 0709/Kebumen, Antisipasi Kerawanan Musim Hujan

Dandim 0709/Kebumen, Antisipasi Kerawanan Musim Hujan

Dandim 0709/Kebumen, Antisipasi Kerawanan Musim Hujan

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang menghadiri acara rapat koordinasi tentang antisipasi dampak musim hujan tahun 2018 yang diselenggarakan BPBD Kab. Kebumen bertempat di Gedung Jatijajar komplek pendopo rumah dinas Bupati, Senin (12/11/18). Sebagai langkah deteksi dini perkembangan cuaca peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan dengan mewaspadai beberapa titik rawan longsor

Rakoord dihadiri sedikitnya 300 peserta rapat dari berbagai kalangan baik instansi militer maupun instansi sipil dan masyarakat se Kab. Kebumen. Tidak ketinggalan jajaran Forkopimda Kab. Kebumen, Para OPD Kab Kebumen, Kepala BMKG Banjarnegara Bpk. Haryanta, Camat se Kebumen, Danramil se jajaran Kodim 0709/Kebumen, para Kapolsek se jajaran Polres Kebumen dan Ketua Ormas penanggulangan bencana se Kebumen.

Dalam acara tersebut Wakil Bupati Kebumen dalam sambutannya yang di sampaikan Sekda Kab. Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, S.H mengatakan, “ Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengambil langkah-langkah kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam, kita dapat mendirikan Posko bencana yang dibantu TNI dan Polri, kita tidak mengharapkan bencana tapi kita dapat antisipasi sebelum bencana itu terjadi di wilayah kebumen. Untuk itu kami mohon bantuan kepada rekan sekalian untuk dapat bekerjasama karena ini tanggugjawab kita bersama. “ ucapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala BMKG Banjarnegara Haryanta menyambut baik pelaksanaan ini dia berharap agar kegiatan ini ditindak lanjutkan melalui sosialisasi hingga ke tingkat desa dan lakukan latihan geladi penangunggalan bencana agar kita memiliki kesiapan yang matang.

“Bencana banjir, tanah longsor, ancaman angin kencang, puting beliung yang dapat mengancam kita kapan saja, ini memerlukan kepekaan terhadap perubahan iklim dan cuaca yang dianggap ekstrim, untuk itu saya menghimbau kepada semua pihak untuk selalu waspada jika hal-hal tersebut berada di wilayah kita.

Contoh dari bencana Hidrometeorologi, seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor contoh bencana hidrometeorologi dulu yang pernah terjadi di wilayah Kec. Adimulyo. Disini kami sudah membuat pemetaan tanah yang akan terjadi pergerakan tanah di wilayah Kabupaten Kebumen yakni di wilayah Kecamatan Ayah dan Buaya.” terangnya.

Pada kesempatan ini juga Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang mengatakan, “Kita perlu laluka latihkan mitigasi bencana mulai dari pra penanggulangan bencana, tanggap bencana, hingga penanganan pasca bencana. Siapkan selalu sarana dan prasarana dalam mendukung kesiapsiagakan kita dan kesiapan bilamana bencana itu terjadi. Lakukan terus koordinasikan yang baik antar instansi terkait dan staf pemerintahan yang lain dalam penanganan kegiatan ini. Miliki reaksi cepat sebagai bentuk ketanggap segeraan dalam aksi penyelamatan/evakuasi jangan terlambat. Cek dan fungsikan kembali peralatan pendeteksi bencana tsunami terutama di wilayah-wilayah rawan tsunami.” Tegas Dandim. (Pard).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *