Kegiatan Non Fisik TMMD Mampu Rubah Ekonomi Masyarakat

Kegiatan Non Fisik TMMD Mampu Rubah Ekonomi Masyarakat

Kegiatan Non Fisik TMMD Mampu Rubah Ekonomi Masyarakat

KODIM 0709/KEBUMEN, Sejumlah narasumber pun dihadirkan guna memberikan penyuluhan dan pembekalan terkait kegiatan non fisik yang digelar Kodim 0709/Kebumen dalam rangka kegiatan  TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018, di Desa Madureja Kec. Puring Kab. Kebumen, Senin (05/11/18) Sasaran non fisik ini digelar bertujuan untuk memajukan sendi kehidupan masyarakat dalam keseharian dan sekaligus mensejajarakan tingkat kemampuan dan perekonomian masyarakat.

Kegiatan yang gelar sejak pembukaan TMMD oleh Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz ini telah diberikan oleh beberapa narasumber diantaranya Kodim, Koramil, Polsek dan jajaran OPD Kab. Kebumen mulai kegiatan penyuluhan hukum dan bela negara, bahaya Narkoba, penyuluhan kesehatan serta penyuluhan Percepatan Penganekaragaman Komsumsi Berbasis pangan lokal dan praktek dari Distapang Kab Kebumen.

Selain kegiatan penyuluhan sebagai bekal kegiatan juga akan diisi dengan gelar pemutaran film dokumenter dari Dinas Sosial dan PPKB Kab. Kebumen kerjasama Kodim 0709/Kebumen.

Baik kegiatan fisik hingga non fisik warga masih tetap antusias dan masih memiliki jiwa kegotong royongan, “ hal ini karena animo kerja warga cukup respon, dengan sedikitnya setiap hari warga yang terlibat pada kegiatan baik fisik maupun non fisik mencapai 42 hingga 50 orang setiap harinya. Pada kesempatan ini untuk pengerjaan fisik berupa pembuatan talud jalan sudah memasuki tahap perapian dan plesterisasi atas talud, pengurugan jalan, pembuatan dudukan prasasti.

 

Sementara pagi tadi telah dilaksanakan kegiatan non fisik yang dilaksanakan di Balai Desa Madureja dengan melibatkan 50 orang lebih para Ibu –ibu PKK dan Kader serta perwakilan tiap RT masing masing tentang Penyuluhan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Berbasis fPangan Lokal dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab Kebumen oleh Ibu Agustin Isnaeni M.

Adapun Materi yang disampaikan antara lain manfaat dari buah waluh yakni Daging buah waluh mengandung zat Betakarotin untuk kesehatan kulit dan mata. Air dalam buah waluh bisa mengobati orang yang tersengat lebah atau hewan berbisa sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter. Biji buah waluh bisa dibikin kwaci yang bisa menurunkan kadar gula pada penderita Diabetes. Daging buah waluh bisa dibikin minuman jus segar. Buah waluh di olah / dimasak untuk memperpanjang usia bahan pangan. Buah waluh di olah untuk menghilangkan zat penyakit dalam pangan. Buah waluh diolah / dimasak untuk mempermudah dicerna oleh tubuh kita dan Buah waluh diolah / dimasak bisa meningkatkan nilai tambah.

Memasuki pukul 10.30 hingga 12.00 dilaksanakanlah Praktek Pengolahan Makanan Berbahan Dasar buah waluh tadi menjadi jenang waluh oleh Ibu Zakia dari Pengusaha Industri Rumah Tangga Jenang Waluh Kab Kebumen.

Menurut penjelasan Ibu Zakia bahan bahan yang digunakan antara lain :

– 500 gram waluh yang sudah dikukus dan dihaluskan.

– 300 gram gula pasir.

– 250 ml santan kental.

– Setengah sendok teh garam.

– 1 Bungkus vanili.

– 200 gram tepung ketan.

– 50 gram tepung sagu tani.

Semua bahan diolah dan diaduk dalam satu adoman wajan hingga satu sama lain bercampur.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *