Kodim 0709/Kbm Gelar Pembinaan Balatkom dan Paham Radikal Kanan

Kodim 0709/Kbm Gelar Pembinaan Balatkom dan Paham Radikal Kanan

Kodim 0709/Kbm Gelar Pembinaan Balatkom dan Paham Radikal Kanan

KODIM 0709/KEBUMEN, Sejumlah anggota Babinsa dan PNS se jajaran Kodim 0709/Kebumen mengikuti kegiatan pembinaan antisipasi bahaya laten komunis (Balatkom) dan Paham Radikal yang diselenggarakan di aula Makodim 0709/Kebumen, Kamis (15/11/18). Mengingatkan kembali tentang bahayanya laten komunis dan sejarah kelam bangsa sekaligus aplikasi tindaklanjut melalui metoda kegiatan komunikasi sosial di masyarakat sebagai langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui pembinaan antisipasi Balatkom dan paham radikal prajurit TNI AD senantiasa pro aktif melaksanakan cegah dini dan deteksi dini terhadap bahaya laten komunis dan paham radikal yang terjadi di wilayah NKRI untuk mewujudkan Negara berdaulat berdasarkan pancasila dan Undang undang Dasar 1945 “

Selain anggota Kodim, kegiatan ini juga melibatkan para anggota Perwakilan Dislitbangad Buluspesantren, anggota DKT Gombong dan anggota Minvetcad Gombong sedikitnya 150  orang dengan seksama mengikuti jalannya acara tersebut.

Pasi Intel Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Budi Riyanto pada materinya mengatakan, “Paham Komunis pertama kali dibawa ke Indonesia pada awal abad 20 tahun 1914. Dibawa oleh Sneevliet (tokoh marxisme Belanda) bersama J.A Brandsteder, H.W. Dekker (tokoh sosialis) mendirikan organisasi yang diberi nama Indishe Social Democratische Vereninging  (ISDV). Pada tanggal 23 Mei 1920, Perserikatan Komunis Indonesia berdiri dengan ketua Semaun dan Darsono sebagai wakil ketua. Kemudian atas usul Moskow, pada tahun 1924 nama perserikatan diubah menjadi Partai Komunis Indonesia. Paham komunisme tidak pernah mati. Bahkan tetap menjadi bahaya laten, oleh karena itu ideologi komunis perlu diwaspadai karena paham ini dapat saja berubah bentuk dan tindakannya.

Meskipun PKI telah dibubarkan, sewaktu-waktu bisa timbul lagi bila keadaan memungkinkan. Harus waspada terhadap kader-kadernya yang tak terlihat dipermukaan. Apabila terjadi konflik dalam masyarakat apapun wujudnya, mereka akan menunggangi dan membesar-besarkan. Yang tampil mungkin saja bukan Partai Komunis, tetapi aliran komunis. Inilah yang disebut bahaya laten, bahaya terpendam yang sewaktu-waktu bisa muncul. Indikasi kebangkitan komunis  “Tuntutan cabut Tap. MPRS no. 26/1966 (dan UU 27/1999) Penghapusan sejarah penghianatan PKI dalam kurikulum Penghentian putar film G30S PKI di TVRI Hapus LITSUS bagi calon pejabat negara (Eksekutif Legislatif Yudikatif) Putra Putri PKI dan kader muda masuk parpol dan instansi negara, Buat buku dan film berisi pembelaan terhadap PKI. paparnya.

Sebagai pemateri kedua tentang ancaman Hoax dan Terorisme yang disajikan Kanit IPP Sat Intelkam Polres Kebumen Aiptu. Sarmijan. “HOAX  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kata yang berarti ketidak benaran suatu informasi/berita bohong yang tidak bersumber, Menurut wikipedia diartikan sebagai kebohongan yang disengaja dibuat untuk disamarkan sebagai kebenaran, Menurut R. Soesilo, menyebarkan berita bohong yaitu menyiarkan berita atau kabar dimana ternyata kabar yang disiarkan itu adalah kabar bohong dan yang dipandang sebagai kabar bohong tidak saja memberitahukan suatu kabar kosong, akan tetapi juga menceritakan secara tidak betul suatu kejadian.

APA HASUTAN KEBENCIAN  : Segala bentuk komunikasi, baik langsung maupun tidak langsung didasarkan pada kebencian atas dasar suku, agama, kepercayaan, ras, warna kulit, etnis, dan identitas lainnya – ditujukan sebagai hasutan terhadap individu atau kelompok  agar terjadi diskriminasi, kekerasan, penghilangan nyawa dan konflik sosial  – dilakukan melalui berbagai sarana.

MENGAPA HASUTAN KEBENCIAN PERLU DI LAWAN : – Merendahkan martabat manusia, – Menyuburkan prasangka dan diskriminasi, – Dapat memicu kekerasan, – Dapat memicu konflik,  – Bertentangan dengan pancasila dan bhineka tunggal ika.

Kegiatan ini bertujuan untuk menangkal timbulnya kembali gerakan-gerakan Komunis gaya baru, tentunya dengan cara meningkatkan kembali pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, Meningkatkan wawasan kebangsaan, meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat, membangkitkan kesadaran masyarakat, memelihara, mendata dan mewaspadai terhadap upaya penyusupan serta meningkatkan deteksi dini dan cegah dini. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *