Dandim 0709/Kebumen Kawal Tonting YWPJ

    Dandim 0709/Kebumen Kawal Tonting YWPJ

    Dandim 0709/Kebumen Kawal Tonting YWPJ

    KODIM 0709/KEBUMEN. Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang mengawal pelaksanaan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya sejauh 71,7 Km yang terbagi dalam beberapa etape, Senin (17/12/18). Kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan peringatan hari Infanteri ke 73 tahun 2018. Sekaligus kegiatan ini untuk membina fisik dan mental para prajurit Infanteri.

    TNI Angkatan Darat diperingati setiap tanggal 15 Desember oleh Korps Infanteri TNI AD untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. 15 Desember merupakan Hari Juang Kartika TNI AD. Dahulu juga dikenal dengan Hari Infanteri yang khusus diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa tahun 1945. Pertempuran Ambarawa perupakan perjuangan para Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin langsung oleh Panglima Besar Jenderal (Pangsar) Soedirman. Pertempuran ini terjadi pada pertengahan Desember tepatnya pada tanggal 12-15 Desember 1945.

    Penggambaran gerilya Pangsar kala itu kini diaplikasi oleh para pasukan Infanteri dengan menempuh puluhan Km hanya dengan menggunakan jalan kaki, hal ini seperti yang dilaksanakan beberapa satuan infanteri yang melintas di wilayah Kodim 0709/Kebumen. Dandim 0709/Kebumen Letkol Zamril Philiang langsung memerintahkan anggota Babinsanya untuk menyiapkan sekaligus mengawal perjalanan Yudha Wastu Pramuka Jaya yang mulai start tagnggl 16 Desember 2018 dari Pendopo  Kesultanan Bantul hingga finish tanggal 19 Desember 2018 di wilayah Kabupaten Pekalongan.

    Berikut etape yang dilalui para prajurit pilihan yang tergabung dalam Pleton Yudha Wastu Pramuka Pada tanggal 17 Desember 2018 pukul 00.31 s.d 17.00 WIB, di Wilayah Kab. Kebumen telah dilaksanakan rangkaian kegiatan gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Dam IV /Diponegoro, dalam rangka memperingati Hari Infanteri tahun 2018, dengan tema “Tonting  Yudha Wastu Pramuka Mewujudkan Semangat Juang dan Soliditas Prajurit Bersama Rakyat” yang diikuti sekitar 350 orang, sebagai berikut :

    1. Pukul 01.00 s.d 02.30 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape IV, Yonif 405.B/SK yang dipimpin Lettu Inf Hardian (Danton Peleton Beranting Etape ke IV) bersama para anggota Kodim 0709/Kebumen dan Masyarakat Kec. Ambal melaksanakan kegiatan karya bakti dengan sasaran pembersihan parit sepanjang 150 m lebar 2 meter.
    2. Pukul 03.15 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape III, Yonif 405.A/SK yang dipimpin Lettu Inf Muhammad Asril (Danton Peleton Beranting Etape ke III) didampingi 1 SST Yonkav 2/TC Ambarawa tiba di lapangan manunggal Kec. Ambal Kab. Kebumen
    3. Pukul 04.45 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape III, Yonif 405.A/SK yang dipimpin Lettu Inf Muhammad Asril (Danton Peleton Beranting Etape ke III) didampingi 1 SST Yonkav 2/TC Ambarawa melaksanakan upacara serah terima dengan Yonif 405.B/SK dipimpin Lettu Inf Hardian (Danton Peleton Beranting Etape ke IV) serah terima dihadiri oleh :
    4. Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang.
    5. Danyonif 405/Surya Kusuma Letkol Inf Candra, S.E.,M.I.Pol.
    6. Danyokav 2 /Turangga Ceta Letkol Kav Donan Wahyu Sejati.
    7. Wakil Ketua III DPRD Kab. Kebumen Muftahul Ulum.
    8. Kapolsek Ambal AKP Joko Maryono.
    9. Camat Ambal Subagyo, S. Sos, MM.
    10. Pukul 04.30 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape IV, Yonif 405.B/SK yang dipimpin Lettu Inf Hardian (Danton Peleton Beranting Etape ke IV) meninggalkan Lapangan manunggal Desa Ambalresmi Kec. Ambal Kab. Kebumen menuju titik ganti di lapangan Kec. Puring Kab. Kebumen. Jarak Tempuh 23,3 Km dengan rincian sbb :
    11. Jarak tempuh pertama 9 Km menuju SD N 1 Ayamputih Kec. Buluspesantren Kab. Kebumen.
    12. Jarak tempuh kedua 9,2 Km menuju SD N 1 Kewangunan Kec. Petanahan Kab. Kebumen.
    13. Jarak tempuh ketiga 5,1 Km menuju lapangan Kec. Puring Kab. Kebumen.
    14. Pukul 10.05 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape IV, Yonif 405.B/SK yang dipimpin Lettu Inf Hardian (Danton Peleton Beranting Etape ke IV) tiba di Lapangan Kec. Puring Kab. Kebumen, dilanjutkan serah terima dengan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape V Yonif 406/CK dipimpin Letda Inf Sodikin (Danton Peleton Beranting Etape ke V) yang didampingi Yon Arhanud dan Satpol PP. Serah terima dihadiri sebagai berikut :
    15. Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang.
    16. Danyonif 405/SK Letkol Inf Candra, S.E.,M.I.Pol.
    17. Danyonif 406/CK Mayor Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S,Sos., M.Tr. (Han).
    18. Sekda Kab. Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiyono, S.H.
    19. Kapolres Kebumen AKBP. Robertho Pardede.
    20. Kakaminvetcad Dam IV Kolonel Inf Yusuf Raga Inaga.
    21. Dansecata Gombong Letkol Inf Ade Yamin.
    22. Kabid Dikdas Kab. Kebumen Agus. S. SPd
    23. Camat Puring Subagyo, S. Sos, MM.
    24. Pukul 10.45 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape V, Yonif 406/CK yang dipimpin Letda Inf Sodikin (Danton Peleton Beranting Etape ke V) start dari Lapangan Kec. Puring Kab. Kebumen, menuju lapangan Tunjungseto Kec. Puring jarak tempuh 24 Km dengan rincian sbb :
    25. Jarak tempuh pertama 9,7 Km istirahat pertama di Lap Ds. Mangli Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen.
    26. Jarak tempuh kedua 10,1 Km Istirahat di Lap. Ds. Bejiruyung Kec. Sempor Kab. Kebumen.
    27. Jarak tempuh ketiga 4,2 Km menuju lapangan Tunjungseto Kec. Sempor Kab. Kebumen.
    28. Pukul 16.15 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape V, Yonif 406/CK yang dipimpin Letda Inf Sodikin (Danton Peleton Beranting Etape ke V) tiba di Lapangan Desa Tunjungseto Kec. Sempor Kab. Kebumen, dilanjutkan serah terima dengan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape VI Yonif Mekanis Raider 411/Kostrad dipimpin Letda Inf Olivo Diki Pambudi (Danton Peleton Beranting Etape ke VI) didampingi Yon Armed 3 menuju lapangan BLK Klampok Kab. Banjarnegara jarak tempuh 22,3 Km dengan rincian sbb :
    29. Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang.
    30. Danyonif 406/CK Mayor Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S,Sos., M.Tr. (Han).
    31. Danyonif Mekanis Raider 411/Kostrad Letkol Inf Widi Rahman, S.H
    32. Kajari Kebumen Erry Pudyanto Marwantono, SH. MH.
    33. Kepala Zeni (Kazi) Akmil Magelang Letkol Czi Priyo Sambodo, S.I.P.
    34. Kasatpol PP Kebumen R. Agung Pambudi, S.I.P.
    35. Kapolsek Sempor Iptu Sugito.
    36. Camat Sempor Rianto Setyo Hartono, S.Sos
    37. Inti sambutan perwira pengawas Kajari Kebumen Erry Pudyanto Marwanto, S.H, M.H sebagai berikut :

    1) Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada hari ini kita bisa berkumpul di Lapangan Desa Tunjungseto Kec. Sempor Kab. Kebumen untuk mengikuti kegiatan serah terima simbol Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dari Yonif 406/CK Etape V ke Yonif Mekanis Raider 411/Kostrad Etape ke VI dalam keadaan sehat walfiat.

    2) Kegiatan gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun ini dengan mengusung tema “Tonting  Yudha Wastu Pramuka Mewujudkan Semangat Juang dan Soliditas Prajurit Bersama Rakyat” kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Infanteri tahun 2018, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan para Prajurit Infanteri.

    3) Kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya mulai star di lapangan Manunggal Kec. Ambal tanggal 17 Desember 2018 sampai dengan dan  finish di Alun-Alun Kajen Pekalongan pada tanggal 19 Desember 2018 yang melewati Kab. Kebumen, Kab. Banjarnegara, Kab. Purbalingga, Kab. Pemalang dan Kab. Pekalongan. Yang Sebelumnya telah diawali dari start Alun-Alun Paseban Bantul Yogyakarta pada tanggal 16 Desember 2018.

    4) Salah satu pertimbangan kenapa Kabupaten Kebumen dilalui Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya, karna pada tanggal 19 Desember 1948 (Agresi Militer Belanda II) Kompleks Pabrik NV. Mexolie yang tengah dibumihanguskan oleh TNI dapat diduduki Belanda setelah menerobos garis status quo di Kemit Kec. Karanganyar. 4 Pejuang pelaksana bumi hangus dieksekusi di lapangan tenis Mexolie. Selanjutnya Kompleks Mexolie dijadikan markas Koninklijk Leger (KL).

    Demi keselamatan Negara Republik Indonesia Pada tanggal 25 Desember 1948 dikeluarkan Instruksi Bekerja Pemerintah Militer Seluruh Jawa dengan No. 1/MBKD/1948. Berdasarkan instruksi tersebut pemerintahan tertinggi adalah Pemerintahan Militer. Semua alat kekuasaan negara di bawah militer, semua badan dan jawatan yang penting dimiliterisasi, serta berlakunya hukum militer. Pemerintah Daerah Militer Kebumen segera di bentuk. Menjabat sebagai Komandan PDM Kebumen pertama adalah Mayor R. Panji S. Rachmat selaku Komandan Komando Distrik Militer/KBM. Adapun PDM pada awal dibentuk disebut juga Pemerintahan Gerilya sebab berada di tempat – tempat tersembunyi yang tidak dapat diketahui oleh Belanda. PDM Kebumen sejak dibentuk mengalami perpindahan beberapa kali yakni Di Dukuh Brondong, Kemejing, Kecamatan Wadaslintang dengan Komandan Mayor R. Panji S. Rahmat (hingga bulan Agustus 1949). Sejak 13 Agustus 1949 (Gencatan Senjata) sampai dengan masa penyerahan Belanda ke RI pada tanggal 27 Desember 1949 menggunakan Kantor Kecamatan Alian.

    5) Saya selaku perwira pengawas upacara mengucapkan selamat kepada Yonif 406/CK yang berhasil melaksanakan tugas dengan baik dan dalam keadan aman dan kepada Yonif Mekanis Raider 411/Kostrad saya ucapkan selamat bertugas untuk melanjutkan perjalan berikutnya dan selalu jaga faktor keamanan selama pelaksanaan.

    1. 7. Pukul 17.30 Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape VI, Yonif Mekanis Raider 411/Kostrad yang dipimpin Letda Inf Olivo Diki Pambudi (Danton Peleton Beranting Etape ke VI) start dari lapangan Tunjungseto Kec. Sempor Kab. Kebumen menuju lapangan BLK Klampok Kab. Banjarnegara jarak tempuh 22,3 Km, dilepas oleh Kajari Kebumen Erry Pudyanto Marwanto, S.H, M.H didampingi Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang, Danyonif Mekanis Raider 411/Kostrad Letkol Inf Widi Rahman, S.H, Kepala Zeni (Kazi) Akmil Magelang Letkol Czi Priyo Sambodo, S.I.P, Kasatpol PP Kebumen R. Agung Pambudi, S.I.P, Kapolsek Sempor Iptu Sugito dan Camat Sempor Rianto Setyo Hartono, S.Sos. Selama kegiatan di wilayah Kab. Kebumen berjalan dengan tertib dan aman.

    Usai kegiatan Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang mengatakan, “Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya, atas dukungan dan kebersamaan dalam pelaksanaan mengawal kegiatan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya, silahkan kembali ke rumah masing-masing dan tetap perhatikan faktor keamanan selama perjalanan.” Ucapnya (Pard).

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *