Danramil 06/Sruweng, Fungsikan Tanaman Pinggiran, Kendalikan Tanaman Pokok

Danramil 06/Sruweng, Fungsikan Tanaman Pinggiran, Kendalikan Tanaman Pokok

Danramil 06/Sruweng, Fungsikan Tanaman Pinggiran, Kendalikan Tanaman Pokok

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil 06/Sruweng Kapten Inf Agus Handoyo mendampingi Distapang dan Kelompok Tani Sidodadi meninjau langsung penanaman padi dengan menggunakan alat tanam modern Rice Transplanter di Desa Sidoharjo Kec. Sruweng Kab. Kebumen. Selasa (11/12/18).

Rice Transplanter merupakan mesin yang berfungsi untuk mempermudah kerja petani dalam  menanam padi di sawah. Cara petani setempat menanam padi di sawah selama ini masih menggunakan cara tradisional yang sudah dilakukan secara turun temurun, namun kali ini para petani akan mencoba alat baru yang lebih hemat dan lebih praktis. Sehingga jika masih menggunakan cara tradisional maka akan butuh lebih banyak tenaga orang untuk mengerjakannya.

Dengan mesin Rice Transplanter ini waktu yang dibutuhkan oleh petani dalam menanam padi di lahan seluas satu hektare sawah bisa selama satu hari. “Saya menganjurkan agar bukan saja petani di Desa Sidoharjo saja akan tetapi seluruh petani di Desa lain diharapkan bisa memanfaatkan mesin tanam padi ini sehingga dapat membantu petani bekerja lebih efisien tenaga dan efisien waktu dalam melakukan aktivitas pertanian.” ucap Danramil ditengah-tengah kegiatannya.

Usai tanam dengan rice transpalnter kegiatan juga dilanjutkan dengan penanaman tanaman pinggiran yang berfungsi sebagai pengendalian hama dengan cara bercocok tanam seperti pemanfaatan tanaman pinggir atau ada yang menyebutnya dengan tanaman perangkap. Hal ini dapat mendorong stabilitas ekosistem sehingga populasi hama dapat ditekan dan berada dalam keseimbangannya. Jenis tanaman pinggir yang dipilih kali ini tanaman suring yang mempunyai fungsi ganda yaitu, disamping sebagai penghalang masuknya hama ke tanaman pokok, juga sebagai tanaman refugia yang berfungsi untuk berlindung sementara dan penyedia tepung sari untuk makanan alternatif predator, jika mangsa utama populasinya rendah atau tidak ada di pertanaman pokok. “Teknik bercocok tanam seperti penanaman tanaman pinggir dapat mendorong konservasi musuh alami seperti predator,” ungkap Kapten Inf Agus. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *