PKG Sarana Peningkatan Profesionalisme Guru

PKG Sarana Peningkatan Profesionalisme Guru

PKG Sarana Peningkatan Profesionalisme Guru

KODIM 0709/KEBUMEN, Bati Tuud Koramil 07/Sadang Peltu Sudarsin memandu Jambore Pusat Kegiatan Gugus (PKG) para Guru Paud bertempat di lapangan Bumi Perkemahan Desa Widoro Kec. Karangsambung Kab. Kebumen beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini melibatkan seluruh Guru Paud se Kabupaten Kebumen dan sedikitnya 450 orang terlibat dalam Jambore kali ini. Para Guru Paud disajikan beberapa kegiatan outbond yang menarik dan lucu. Seperti kegiatan estafet tepung yang membutuhkan konsentrasi dan kekompakan tim, permainan unik dan lucu yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan hingga akhirnya masing-masing tertawa sehingga tepung yang dipindahkan secara estafet tadi tidak berhasil mereka kumpulkan sehingga wajah dan tubuh mereka banyak berlumuran tepung.

Jambore PKG juga dihadiri oleh Kepala Disdik Kab Kebumen yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Aminah M.M, Ketua Guru Paud se Kab Kebumen Ibu Sri Mugiyatun, S.Pd, Danramil 07/Sadang yang diwakili Peltu Sudarsin dan Peltu Sugiyatman, Kepala UPT Disdik Kec. Karangsambung yang diwakili oleh  Bpk .Sugiyono, S.Pd dan para Guru Paud se Kab Kebumen serat para tamu undangan.

Menurut Kepala UPT Disdik Kec. Karangsambung yang diwakili oleh  Bpk .Sugiyono, S.Pd dikatakan, “Kualitas layanan PAUD perlu terus diupayakan, sebagai bentuk perwujudan mutu lembaga yang berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan dan menginovasikan pembelajaran PAUD. Langkah pengembangan tentunya perlu didukung oleh profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan. Agar peningkatan mutu layanan anak usia dini sesuai tahap perkembangannya. Salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan dalam peningkatan kompetensi pendidik adalah dengan mengaktifkan organisasi PKG (Pusat Kegiatan Gugus). Di tempat ini para pendidik dapat saling bertukar informasi secara efektif dan efesian. Di forum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

Mengingat wadah ini sangat berperan dalam pengembangan diri bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, maka diperlukan perhatian dari pemerintah guna memberikan apresiasi. Organisasi ini perlu mendapatkan pembinaan agar dapat merealisasikan program-program kerja yang telah disusun dalam rangka membantu para guru yang ingin maju dan ingin berubah ke arah yang lebih maju lagi. Dengan adanya lirikan dari pihak terkait, maka kekurangan dari SDM yang menangani anak usia dini dapat diminimalisir. Kompetensi guru meningkat sehingga akhirnya dapat diterapkan dalam mengelola pembelajaran dengan baik. Dan akhirnya hasil pembelajaran anak usia dini kita juga menjadi baik. (Pard)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *