Babinsa Koramil 06/Sruweng Bantu Motivasi Warga Korban Longsor

    Babinsa Koramil 06/Sruweng Bantu Motivasi Warga Korban Longsor

    Babinsa Koramil 06/Sruweng Bantu Motivasi Warga Korban Longsor

    KODIM 0709/KEBUMEN, Nuryareja (60) warga Dukuh Kuripan RT 03 RW 07 kini terduduk lemas menyaksikan kondisi rumahnya yang tertimbun tanah longsor beberapa waktu lalu akibat guyuran hujan selama dua hari berturut turut sehingga rumah miliknya harus rela menjadi korban tertimbun tanah longsor.

    Tebing setinggi 12 meter itu longsor akibat tidak lagi mampu menahan gerusan air hujan yang datang terus menerus, apalagi disekitar lereng tersebut tidak adanya pepohonan yang mampu menyerap air hujan. Sehingga dengan mudah air meluncur membawa tanah. Longsor kali ini tidak saja menimpa rumah Nuryareja, longsor juga menutup akses jalan masyarakat  Desa Pandansari Kec. Sruweng Kab. Kebumen yang menghubungkan Desa tersebut dengan Kota Kecamatan. Hal ini menghambat mobilisasi perekonomian warga setempat. Kamis (24/01/19).

    Babinsa Koramil 06/Sruweng Serka Munharis Suryo (Suryo) menghimbau kepada warga yang disaksikan Kades Pandansari Surono agar warga yang hidup dilereng-lereng bukit untuk lebih waspada ketika hujan tiba, namun yang terpenting kita harus peduli lingkungan melalui penghijauan.

    “saya mengajak kepada masyarakat Desa Pandansari untuk merencanakan penghijauan masal sebagai langkah-langkah mitigasi bencana sehingga bencana ini tidak terulang lagi, alangkah baiknya kita coba cari bibit tanaman yang bisa menyerap air lebih banyak sehingga kultur tanah akan stabil dan cenderung kuat, “ pintanya.

    Pada kesempatan yang sama Kades Surono juga akan melaksanakan koordinasi dengan warga dan instansi tekait tentang usulan diadakannya penghijauan masal oleh Babinsa.

    “ini penting bapak Ibu sekalian, untuk kelangsungan hidup generasi yang akan datang, mereka masih butuh kehidupan yang layak, udara yang bersih, air yang bersih dan hamparan luas terbuka hijau sebagai paru paru bumi, ini menuntut kesadaran kita semua dan kepedulian kita semua sebagai bentuk tanggungjawab terhadap pelestarian lingkungan hijau” imbuhnya. (Pendim).

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *