Danramil 14/Pejagoan Promosikan Wisata Alam

Danramil 14/Pejagoan Promosikan Wisata Alam

Danramil 14/Pejagoan Promosikan Wisata Alam

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil 14/Pejagoan Kapten Inf Purwanto menghadiri acara peresmian wisata alam Taman Banyu Langit serta pelepasan peserta Jambore Hanmook di wisata Brujul, beberapa waktu lalu.

Hadir dalam acara tersebut Dispermades P3 A Kab. Kebumen Ibu Siti Nuryantun Fauziyah, SA.g, MS.i, Camat Pejagoan Bpk Suyitno, S.Sos, Kapolsek Pejagoan AKP R. Widiyanto, SH, MH. Danramil 14/Pejagoan Kapten Inf Purwanto. Kades Peniron Bpk. Mustaqim, SPd.i. Ketua LIPI  Geopark Karangsambung Bpk. Husni Mubarok. tokoh masyarakat dan segenap undangan warga Desa Peniron.

Menurut Siti Nuryantun, Promosi tempat wisata daerah merupakan kegiatan dari para pelaku ekonomi dilokalitas perekonomian tertentu yang memiliki potensi tempat wisata yang menarik. Nah, potensi tersebut dapat berupa keindahan alam yang menonjol, kekayaan budaya yang unik, situs tempat yang bersejarah, even pesta budaya dan keagamaan, serta potensi pusat-pusat kegiatan ekonomi, perdagangan dan investasi yang unik tidak dimiliki oleh lokalitas alternatif lainnya.

Tujuan kegiatan promosi wisata ini harus dirumuskan dengan jelas dalam rencana atau cetak biru pengembangan perekonomian daerah, sehingga akan menjadi barometer untuk pelaksanaan program promosi itu sendiri, sekaligus sebagai rujukan untuk kegiatan-kegiatan uang terkait.

Tujuan promosi wisata daerah dapat dikategorikan ke dalam beberapa tujuan seperti, Mempromosikan lokalitas wisata sebagai tujuan wisata yang menarik dan menguntungkan wisatawan, Meningkatkan dan memantapkan citra wisata daerah di pasar domestik dan internasional, Menyebarkan pengetahuan tentang produk-produk wisata yang telah dikembangkan, Membangun dan membina komunikasi yang efektif dengan media dan pers internasional.

Tujuan promosi wisata daerah tersebut hendaknya dipilih beberapa saja agar dapat terselenggarakan dengan baik, mengingat keterbatasan anggaran daerah yang dimiliki. Strategi promosi merupakan siasat atau inisiatif kegiatan stratejik yang akan dilakukan untuk merealisasikan tujuan promosi wisata yang telah ditetapkan. Didalamnya terkandung makna wawasan rencana kegiatan yang akan diselenggarakan dalam jangka menengah, yaitu dalam satu sampai dengan tiga tahun ke depan. Dalam hal ini sebaiknnya dihindari penyusunan inisiatif yang pelaksanaannya baru dapat direalisasikan dalam jangka panjang.

Dengan Strategi antara lain, Pengembangan dan pemantapan kegiatan public relations, Pengembangan dan perluasan produk-produk wisata, Pengembangan pemasaran jasa wisata dan tempat wisata, dan Penetrasi kegiatan public relations internasional, “ Terang Siti. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *