Harapan Baru Dina Saputri, Prakarsa Dandim Kebumen

Harapan Baru Dina Saputri, Prakarsa Dandim Kebumen

Harapan Baru Dina Saputri, Prakarsa Dandim Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN, Dina Saputri (6) putri Ibu Nurlela alias Supinah (34) yang menderita cacat bawaan sejak lahir (meningocele) mengharap uluran jiwa sosial warga Desa Banjarwinangun Kec. Petanahan Kab. Kebumen ini telah melakukan upaya pengobatan mulai dari Pusesmas Petanahan yang kemudian dirujuk ke RSUD Dr. Sudirman Kebumen dan diteruskan ke RSUD Margono Purwokerto dan telah dilakukan penanganan melalui operasi namun belum membuahkan hasil yang bisa diharapkan. Hal inilah yang mendorong inisiatif Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang untuk melanjutkan penanganan yang dialami Dina Saputri.

Babinsa Koramil 16/Petanahan Sertu Nurul Yakin langsung melakukan langkah-langkah dengan meakukan pendampingan penanganan putri Ibu Nurlela alias Supinah (34) Dina Saputri (6) untuk pengobatan lebih lanjut.

Keesokan harinya selepas waktu subuh dihari berikutnya, Dandim 0709/Kebumen Letkol Zamril Philiang langsung menuju lokasi tempat tinggal dimana Dina Saputri berada untuk melakukan peninjauan langsung dan tidak menunggu lama, Dandim langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk segera melakukan langkah-langkah penangan Dina Saputri.

Koordinasi dilakukan mulai dari perangkat desa, kecamatan, Pemda melalui Dinas Sosial, Donatur, seluruh jajaran Kepolisian, Forkompimda dan pihak- pihak terkait untuk kelancaran penanganan Dina.  Atas inisiasi inilah Dandim juga mengajak komunitas Sedulur Kebumen yang diketuai Bpk. Sugeng Budiawan untuk menggalang donasi dalam rangka membiayai keseharian keluarga Dina selama dalam masa pengobatan.   Alhasil total donasi yang berhasil dikumpulkan sebanyak 25 juta rupiah.

Aktifis sedulur Kebumen Sugeng Budiawan mengatakan donasi digunakan untuk kebutuhan sehari- hari keluarga Dina selama di Jakarta. “Karena kondisi ekonomi orang tuanya yang berada dibawah garis kemiskinan maka dengan rasa kemanusiaan kita menggalang donasi untuk meringankan beban keluarga Dina,” katanya.

Dandim 0709/Kebumen Zamril Philiang pada kesempatan itu juga mengatakan bagaimana tahapan operasi dan pengobatan Dina tentangnya. “BPJS dan administrasi lengkap maka akan diberangkatkan untuk operasi di RSPAD Jakarta. Berangkat tanggal 8 jam 10.00. Pengawalan dari 2 orang dari Dinas Sosial, anggota Kodim bagian kesehatan.  Sampai Jakarta istirahat semalam, baru paginya ke RSPAD Gatot Soebroto untuk pengecekan dan tindakan selanjutnya.  Pihak medis RSPAD nanti yang akan menangani lebih lanjut,” katanya.

Sementara Dina dioperasi dan penyembuhan di Jakarta maka rumah tinggal akan dibedah oleh tim Bedah Rumah, Bedah Rumah ke – 8. Dina berangkat ke Jakarta tanggal 8/1/2019 untuk menjalani operasi dan penyembuhan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta yang didampingi kedua orang tuannya.

Lanjut Dandim, “Saya juga tidak tahu, tapi Tuhan menunjukkan bahwa mungkin ini yang harus segera ditangani.  Untuk berobat ke rumah sakit saja tidak bisa. Maka kami bersama Sedulur Kebumen segera melanjutkan bantuan.  Kalau Pemda atau Dinas Sosial saya minta secara administrasi dan perlengkapannya untuk pengurusan operasi ini agar syarat- syaratnya segera selesai untuk proses berikutnya. Harapan kita semua semoga penyakit segera sembuh, operasi berjalan lancar dan kembali dari Jakarta bisa seperti anak kecil lainnya.  Dan semoga ini berguna buat semua. “Jadi buat warga yang tidak bisa membantu secara material mohon doanya semoga bisa sembuh semaksimal mungkin.” Ujar Dandim. (Pendim)

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *