Babinsa Hadiri Pembentukan Panitia Pemilihan BPD 2019-2024 Wilayah Kec Sempor

Babinsa Hadiri Pembentukan Panitia Pemilihan BPD 2019-2024 Wilayah Kec Sempor

Babinsa Hadiri Pembentukan Panitia Pemilihan BPD 2019-2024 Wilayah Kec Sempor

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 03/Sempor Serka Haryanto menghadiri undangan Sosialiasai dan Pembentuakan Panitia Pemilihan BPD 2019-20124 di balai Desa Semali Kec. Sempor Kab. Kebumen. Kamis (28/02/19).

BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Periode 2013-2018 telah berakhir dan mulai disiapkan susunan organisasi yang baru maka pemerintahan desa mulai melakukan penjaringan anggota BPD yang baru untuk periode 2019-2024. Desa-desa yang telah melaksanakan sosialisasi pembentukan panitia pemilihan BPD periode 2019-2024  yaitu Desa Kenteng, Ds Somagede, Ds Semali, Ds Selokerto, Ds Kalibeji, Ds Sampang dan beberapa desa lagi akan dilaksanakan besok diantaranya Desa Jatinegara.  BPD adalah badan permusyawaratan rakyat di desa yang terdiri dari ketua RW, pemangku adat, tokoh masyarakat atau tokoh agama dan tokoh lainnya. Badan ini adalah sebagai badan permusyawaratan di desa yang merupakan wahana untuk melaksanakan demokrasi berdasarkan Pancasila.

BPD dapat dianggap sebagai parlemennya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia. Beberapa desa di kecamatan Sempor telah mengadakan kegiatan pembentukan kepanitiaan untuk pemilihan kepengurusan lembaga BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Saat ini, Desa-desa di Kec Sempor memiliki jatah tujuh orang untuk mengisi kursi anggota BPD yaitu Ketua, Sekretaris dan lima anggota.   Dalam pembentukan kepanitiaan pemilihan BPD, pemerintahan desa mengundang Muspika Kecamatan Sempor yakni Camat atau yang mewakili, Kapolsek atau yang mewakili, Danramil atau yang mewakili. Kegiatan ini juga dihadiri Kades beserta perangkat desanya, para ketua RW, Kadus, Toga, Tomas, Toda dan masyarakat desa. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *