Babinsa Koramil 16/Petanahan Bersama Masyarakat Perbaiki Saluran Air

Babinsa Koramil 16/Petanahan Bersama Masyarakat Perbaiki Saluran Air

Babinsa Koramil 16/Petanahan Bersama Masyarakat Perbaiki Saluran Air

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Desa Grujugan  Koramil 16/Petanahan  Serda Daliyo bersama dengan warga masyarakat wilayah desa binaanya melaksanakan kegiatan kerja bakti perbaikan saluran air. Kegiatan kerja bakti dilakukan mengingat kondisi saluran air yang sudah mulai dangkal dan sudah banyak tumbuh rumput liar serta sampah sehingga  perlu di lakukan pendalaman lagi agar air dapat mengalir dengan lancar dan diharapkan tidak mengakibatkan banjir bila hujan.

Kegiatan bermula dari keluhan masyarakat terhadap kecilnya arus air disalurkan karena terhambat oleh tumbuhan rumput liar dan pendakalan dasar saluran air, padahal kebutuhan akan air untuk mengairi sawah itu sangat dibutuhkan warga, akhirnya diputuskan untuk menggali lebih dalam sedikit agar air lancar menuju persawahan mereka.

Dengan kondisi yang ada dan seijin kepala desa setempat, dilaksanakanlah kerja bakti dengan melibatkan Babinsa dan warga setempat. Kegiatan yang dibawah koordinator Babinsa itu mengadakan penelusuran jalur hingga ke seluruh area persawahan.

Dari hasil penelusuran dapat diketahui mengapa debit airnya kecil dikarenakan adanya tumpukan sampah tidak beraturan disamping itu juga ditemukan sebagian tebing tanah longsor terkikis air hujan bahkan sampai ada yang menutup jalur.

Langkah-langkah penanganan diambil alih Babinsa bersama masyarakat dengan menggali kembali sedikit tanah diakan ke permukaan tanggul dan menggali tumpukan sampah agar air kembali normal sampai sawah-sawah. Sutardi (55), warga setempat saat kami wawancarai usai kegiatan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Babinsa. “Untungnya ada Pak Babinsa yang mau mengadakan kerja bakti bersama kami, sehingga kami dan masyarakat sudah dapat menikmati air ini kembali dalam keadaan normal seperti sedia kala,” ujar Sutardi.

Danramil 0709/16 Petanahan Kapten Inf Lusiman membenarkan adanya kegiatan karya bakti tersebut, dan dirinya sudah memerintahkan langsung kepada Babinsa untuk mengadakan langkah-langkah semestinya dan apabila kekurangan tenaga akan didukung dari koramil setempat.

Danramil juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Babinsa yang punya inisiatif membantu masyarakat, sehingga keberadaan Babinsa di lapangan sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Disamping itu Kapten Inf Lusiman juga menegaskan tentang langkah-langkah Babinsa itu “sesuai dengan program pembinaan teritorial yang mampu mengajak masyarakat menyelesaikan permasalahan sarana umum di sekitarnya melalui  kerja bakti dan gotong royong, ini selaras dengan metoda pembinaan wilayah yakni Bakti TNI. (Pen)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *