Dandim 0709/Kebumen Pimpin Simulasi Pengamanan Pemilu

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Simulasi Pengamanan Pemilu

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Simulasi Pengamanan Pemilu

KODIM 0709/KEBUMEN, Pasi Ops Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Ali Kuntara pimpin personel gabungan Kodim dan Polres Kebumen gelar latihan Tactical Floor  Game (TFG) dalam rangka menghadapi perkembangan situasi keamanan di wilayah Kab. Kebumen jelang Pemilu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif yang digelar di halaman Kantor KPUD Kebumen Jalan Arumbinang Kebumen dengan melibatkan 250 orang. Jum’at (08/02/2019).

Dalam sambutannya Dandim 0709/kebumen Letkol Inf Zamril Philiang mengatakan, “tujuan digelarnya simulasi pengamanan atau latihan Tactical Floor  Game (TFG) ini adalah untuk memantapkan komunikasi lintas sektoral dalam menghadapi setiap permasalahan yang timbul selama masa kampaye, termasuk selama pelaksanaan Pemilu dan Pasca Pemilu, dengan harapan para personil yang terlibat pengamanan dapat memahami peran dan tugas pokoknya, terkait hal itu maka pentingnya kegiatan ini dilakukan untuk membekali personel agar dapat menunaikan tugasnya secara optimal. Lebih lanjut kami atas nama Kodim 0709/KBM mengucapkan termakasih atas terselenggaranya latihan bersama Polres Kebumen dalam rangka pengamanan Pemilu 2019.” katanya.

Latihan TFG ini merupakan bentuk  latihan langsung dalam bentuk simulasi yang melibatkan unsur TNI, Polri, Bawaslu dan Pemerintah Daerah  dengan menggunakan skenario kegiatan yang menggunakan peralatan yang selanjutnya diperagakan langsung oleh para pelaksana di lapangan. Latihan ini juga untuk memantapkan koordinasi antar instansi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan. Sehingga kesiapan semua instansi akan semakin mantap, karena telah mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang siapa berbuat apa dalam pelaksanaan di lapangan.

Pada latihan Tactical Floor Game (TFG) kali ini melibatkan sekitar 250 orang personel Babinsa, Babinkamtibmas, Danramil, Kapolsek. Simulasi bagaimana cara mengatasi aksi kerusuhan dikarenakan adanya pendukung salah satu kontestan yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara sehingga melakukan unjuk rasa di KPU.

Secara rinci kegiatan dalam simulasi ini adalah pengaman unjuk rasa massa menuntut penolakan hasil Pemilu dan menuntut penghitungan ulang. Mengamankan pimpinan KPU dan surat suara. Mengatasi masa dengan pasukan Drahura baik dari pasukan Kodim maupun personel Polres. Menggiring masa dengan pasukan Drahura keluar dari area  gedung KPU Kebumen.

Hadir dalam latihan simulasi pengamanan ini Letkol Inf Zamril Piliang Dandim 0709/KBM, Kompol Cipto Rahayu SH Kabag Ops Polres Kebumen, Kapten Inf Ali Kuntara Pasi Ops Dim 0709/KBM, AKP Krida Kasat Sabara Polres Kebumen, Bp. Salahudin, Komisioner KPU Kebumen. Ibu Maesaro ,S.Ag, Komisioner Bawaslu Kebumen dan Bp Bambang Hartono,S Sos Sekretaris KPU Kebumen. (Pendam).

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *