Danramil 10/Prembun Hadiri Konservasi Alam

Danramil 10/Prembun Hadiri Konservasi Alam

Danramil 10/Prembun Hadiri Konservasi Alam

KODIM 0709/KEBUMEN. Danramil 10/Prembun Kapten Cba Suprapto menghadiri undangan konservasi pelepasan burung ke alam liar dan penetapan peraturan desa serta perlindungan satwa liar dan lingkungan hidup di Ds. Sidogede. Kec. Prembun Kab. Kebumen. Selasa (05/02/19). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang manajemen terhadap alam dan lingkungan secara bijaksana untuk melindungi tanaman dan hewan. Dimana agar beberapa spesies hewan dan tumbuhan tidak mudah punah.

Menurut penuturan Danramil 10/Prembun Kapten Cba Suprapto dikatakan, “Konservasi alam yang dimaksud adalah upaya perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan serta ekosistemnya untuk menjamin keberadaan dan kesinambungan sumberdaya alam dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman hayati. Seperti yang kita dilakukan sekarang ini yakni agar sumberdaya alam baik flora, fauna, dan ekosistem memiliki kegunaan dan nilai  ekologis, ekonomis dan sosial yang penting.

Kualitas dan keanekaragaman hayati yang dikandung alam harus terus dikonservasi sehingga keberagaman hayatinya terus meningkat dan kondisi ekosistem dalam keadaan homeostatis (tetap terjaga). Sebaliknya, jika suatu ekosistem alam telah menunjukkan  keberagaman hayatinya yang mengalami penurunan, maka harus diwaspadai. Ini menjadi tanda bahwa perlu adanya upaya untuk pemulihan kembali.

Karena jika tidak segera dilakukan konservasi, maka bukan saja ekosistem alam yang rusak, tetapi juga kehidupan manusia  yang terancam.” terangnya.

Hadir dalam acara ini Camat prembun yang diwakili oleh Sekcam Ibu Mudrikah, Danramil 10/Prembun Kapten Cba Suprapto, Kapolsek Prembun Iptu Tejo, Kades Sidogede Sunarto dan Masyarakat sedikitnya 50 orang.

Kades Sidogede menyambut baik kegiatan ini dimana hewan dan tumbuhan wajib kita berikan perlindungan dengan dasar hukumnya yang nyata dan jelas. Usai pencanangan konservasi alam ini acara pun dilanjutkan dengan pelepasan burung kea lam liar dan menerbangkan balon ke udara sebagai bentuk nyata kegiatan ini dimulai. (Pendim).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *