Hadapi Pam Pemilu April 2019, Babinsa Koramil Buayan Siapkan Mental Linmas

Hadapi Pam Pemilu April 2019, Babinsa Koramil Buayan Siapkan Mental Linmas

Hadapi Pam Pemilu April 2019, Babinsa Koramil Buayan Siapkan Mental Linmas

KODIM 0709/KEBUMEN, Serma Marjuki Babinsa Koramil 0709/20 Buayan memberikan pembekalan latihan fisik dan pembinaan kekuatan mental serta pembekalan materi bela negara dan wawasan kebangsaan dalam rangka menhadapi kesiapan pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden April mendatang yang diikuti sebanyak 40 orang anggota Linmas dari perwakilan tiap desa dengan mengambil tempat latihan di halaman Pendopo Kantor Camat Buayan, Kamis (07/02/19).

Pembinaan fisik dan mental ini dimaksudkan untuk menggugah kembali naluri kepekaan terhadap perkembangan situasi wilayah guna menciptakan rasa aman di masyarakat sejak sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Fungsi lain dari latihan ini adalah para anggota Linmas dituntut memainkan perannya dalam hal ini, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban sehingga pada saat hari pemungutan suara dilaksanakan, tidak ada pengguna hak pilih yang merasa tidak aman dalam proses pengambilan hak suaranya di TPS. Yang nantinya akan dibackup oleh Polsek sebagai pelaksana unsur pengamanan utama Kamtibmas di lapangan, dengan tugas-tugas melakukan pengamanan pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilu, agar peyelenggaraan Pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar, melakukan penyidikan terhadap tindak pidana Pemilu yang dilaporkan kepada Polri melalui Bawaslu, Panwaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota dan melakukan tugas lain menurut Per UU yang berlaku termasuk melakukan tugas pelayanan penerimaan pemberitahuan kegiatan kampanye dan atau pemberian ijin kepada peserta Pemilu. Sementara itu tugas pengamanan yang diberikan kepada Koramil adalah sesuai dengan tugas dan fungsi perbantuan TNI kepada Polri bidang pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

Disisi lain kegiatan latihan PBB ini sendiri bertujuan untuk membentuk sikap, watak dan perilaku anggota Linmas agar memiliki jiwa disiplin yang tangguh dalam rangka kesiapan menghadapi tahun politik yang sekaligus memiliki tugas dan fungsi pengamanan di lingkungan secara utuh dan menyeluruh.

Sekcam Buayan Achmadi, S.Sos mengatakan, “Kegiatan ini kita berikan sebagai upaya dalam rangka menghadapi pesta demokrasi serentak pada Pemilu Legislatif dan Pilpres April 2019 mendatang. Tentunya segala persiapan dan segala kebutuhan mulai dimatangkan hari ini termasuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS), yakni salah satunya membekali para anggota Linmas dengan kemampuan dasar kepemimpinan sehingga akan tercipta ketertiban dan keamanan wilayah yang dinamis sekaligus melalui kegiatan ini akan terjalin kesamaan persepsi.

Babinsa Koramil 0709/20 Buayan Serma Marjuki menyampaikan, “pembinaan fisik tersebut dilakukan atas penyelenggaraan dari kecamatan yang ingin para anggota Linmas ini lebih siap dan matang dalam keterlibatanya di Pemilu nanti, khususnya pengamanan di TPS-TPS yang ada di wilayah Kecamatan Buayan.

Adapun jumlah pesertanya, sambung Marjuki,  sebanyak 40 orang yang diambil dari masing-masing perwakilan desa sebanyak dua orang dengan pemberian materi secara teori maupun praktek dengan harapan dalam pelaksanaannya mereka bisa membantu tugas Polsek Buayan untuk mengamankan jalannya pemungutan suara di masing-masing TPS atau desa tempat mereka tinggal. Dalam kegiatan ini saya selipkan tentang penguatan jiwa nasionalisme dan penguatan karakter bangsa melalui pemberian materi bela negara dan wawasan kebangsaan dengan harapan wawasan mereka terbuka dan makin mencintai Indonesia.” jelas Marjuki.

Hadir dalam acara ini sejumlah undangan, Ka Bid Linmas Kebumen Jafar Sidik, Kasi Pemberdayaan Linmas Kebumen Sabar, Sekcam Buayan Achmadi, S.Sos, Babinsa Koramil 0709/20 Buayan Serma Marjuki, Babinkamtibmas Polsek Buayan Aiptu Setyanto dan Kasi Trantib Kec. Buayan Wahidun. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *