Perbaiki Sikap Murid, Peltu Sumadi Berikan Motivasi

Perbaiki Sikap Murid, Peltu Sumadi Berikan Motivasi

Perbaiki Sikap Murid, Peltu Sumadi Berikan Motivasi

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 15/Klirong Peltu Sumadi bertindak selaku pembina upacara pada upacara bendera yang diikuti Kepala Sekolah segenap jajaran Guru, Staf dan Karyawan serta seluruh murid-murid SD Negeri 1 Dorowati Kec. Klirong Kab. Kebumen yang bertempat di lapangan upacara SD Negeri 1 Dorowati, Senin (18/02/19).

Dalam amanatnya Sumadi mengatakan tentang pentingnya memelihara dan mengembangkan nilai-nilai kesopanan,”Anak-anakku sekalian, yang bapak cintai. Sopan santun merupakan sikap yang mesti dibiasakan sejak masih kecil karena itu termasuk akhlak terpuji. Sikap tersebut dapat menjadikan seseorang dipandang sebagai manusia yang berpendidikan. Sikap sopan dan santun perlu dimiliki oleh setiap orang karena banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan bersikap demikian. Misalnya: kita akan disenangi orang lain, dihargai, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Bagaimana agar kita bisa menerapkan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari ? caranya mudah, anak-anak. Kita bisa berbicara dengan tutur kata yang lemah-lembut terhadap orang yang lebih tua. Coba kamu praktekkan sendiri mulai hari ini bicara menggunakan bahasa yang baik dan halus. Kemudian perhatikanlah orang yang kamu ajak bicara. Besar kemungkinan mereka akan membalasnya dengan gaya bicara yang baik juga.

Sopan santun juga bisa kita praktekkan dalam hal lain, misalnya dengan berperilaku atau bertindak seperti orang yang rendah hati. Misalnya: ketika kamu berjalan melewati sekumpulan orang, kamu bisa mengucapkan permisi sambil memberikan senyuman. Hal-hal yang bapak contohkan tadi merupakan sebagian kecil dari perilaku sopan santun yang bisa kita terapkan pada kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Masih banyak sikap sopan-santun lainnya yang belum disebutkan.” paparnya.

Usai pelaksanaan upacara Peltu Sumadi memasuki ruang kelas untuk memberikan tambahan ilmu pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dalam membentuk pendidikan karakter dan pembentukan kepribadian guna memupuk nilai kedisiplinan siswa. Sekitar satu jam uraian tentang karakter bangsa disampaikan Peltu Sumadi kegiatan pun dilanjutkan dengan berfoto bersama di halaman SD Negeri 1 Dorowati yang langsung di dampingi Kepala Sekolah Bpk Kadar, S.Pd.M.Pd.

“Saya merasa sangat bangga dan senang bisa menyaksikan anak anak begitu tenang, begitu tertib bila dipimpin Tentara, berbeda sekali dengan hari-hari sebelumnya, saya berharap ada kesempatan kedua dan seterusnya. Anak-anak jadi terlihat tertib dan mudah diatur terlebih saat mendengarkan uraian bapak tadi, “ ujar Sekolah Bpk Kadar, S.Pd.M.Pd. (Pen).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *