Babinsa Desa Rogodadi Dampingi Petani Menyemprot Hama padi

Babinsa Desa Rogodadi Dampingi Petani Menyemprot Hama padi

Babinsa Desa Rogodadi Dampingi Petani Menyemprot Hama padi

KODIM 0709/KBM, Babinsa Koramil 20/Buayan Serka Priyanto melakukan pendampingan penyemprotan tanaman padi di lahan seluas 0,5 hektar milik Bapak Sunarjo, Ketua Poktan Arjo Mulyo Desa Rogodadi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, Sabtu (02/03/2019 ).

Menurut Serka Priyanto, Penyemprotan pada tanaman padi harus dilakukan dengan tepat dan benar  agar hasil produksi bisa maksimal. Dosis menyemprot tanaman padi juga  harus sesuai dengan arahan dari PPL setempat. Pestisida yang digunakan  harus sesuai dosis penyemprotan yang tepat karena memiliki peran yang  sangat penting dalam keberhasilan budidaya tanaman padi.

Agar tujuan penyemprotan tanaman padi dapat tercapai, penyemprotan  harus dilakukan pada waktu yang tepat. Pestisida yang digunakan tidak  akan bekerja dengan baik jika penyemprotan dilakukan pada waktu yang  tidak tepat. Jika salah dalam melakukan penyemprotan, pestisida tidak  akan maksimal membunuh hama atau penyakit tanaman. Jika demikian,  penyemprotan akan sia-sia dan harus diulangi sesering mungkin.

Waktu yang tepat melakukan penyemprotan tanaman padi adalah pada saat  stomata (mulut daun) terbuka. Sebab ketika stomata terbuka, cairan  pestisida akan mudah diserap oleh tanaman dan masuk kedalam jaringan  tanaman. Dengan demikian hama atau penyakit yang menyerang tanaman akan  mati ketika hama memakan bagian tanaman tersebut. Waktu yang tepat  adalah pagi hari hingga jam 09.00 dan sore hari mulai dari jam 15.30  hingga jam 17.00.

“Gunakanlah dosis sesuai dengan yang dianjurkan oleh PPL, jangan  mengurangi atau menambah dosis. Sebab dosis yang kurang bisa berakibat  fatal, hama atau penyakit tanaman tidak mati, sedangkan dosis yang  berlebihan bisa berbahaya bagi manusia serta mencemari lingkungan” tutup  Serka Priyanto. (Pendim)

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *