Babinsa Koramil 03/Sempor Latihan Penanggulangan Pencurian Dan Kebakaran

Babinsa Koramil 03/Sempor Latihan Penanggulangan Pencurian Dan Kebakaran

Babinsa Koramil 03/Sempor Latihan Penanggulangan Pencurian Dan Kebakaran

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 03/Sempor  Serda Sunarno beserta jajaran Polres Kebumen dan anggota Linmas desa Bejiruyung melaksanakan latihan simulasi penangkapan pencuri dan bahaya kebakaran. Latihan simulasi penangkapan pencuri. Peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah sangat penting. Kamis (14/03/19).

Aparat tanpa didukung peran serta masyarakat juga hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dengan peran serta warga maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman. Hal ini bisa dilakukan melalui penjadwalan ronda untuk menjaga lingkungan perumahan mereka. Untuk memantapkan kegiatan keamanan lingkungan, desa Bejiruyung melaksanakan latihan simulasi penangkapan pencuri yang dilatihkan kepada anggota Linmas desa Bejiruyung oleh Polri (Jajaran Polres Kebumen) bersinergi dengan TNI (Peran Babinsa Koramil 03/Sempor) Juga dilatihkan simulasi penanggulangan kebakaran. Untuk mencegah dan mengatasi kebakaran bukan hanya tanggung jawab Dinas Pemadam Kebakaran, masyarakat secara umum wajib ikut serta untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran terutama di lingkungan kerja atau di rumah masing-masing.

Menurut Babinsa Koramil 03/Sempor, Serda Sunarno ditempat tugas mengatakan bahwa dengan melakukan atau membiasakan memeriksa peralatan listrik di lingkungan kerja atau tempat tinggal, misalnya dengan memeriksa instalasi/saluran listrik, menghindari penggunaan steker yang bertumpuk, penggunaan kompor gas, bila tercium bau gas yang bocor atasilah dengan cara mencabut regulator gas dari tabung, segera buka semua jendela atau pintu agar gas yang bocor di ruangan dapat keluar, tidak membiarkan lilin, lampu teplok dan obat nyamuk tetap menyala pada saat akan pergi keluar rumah, tidak membiasakan pakai Laptop/Hp di atas kasur atau tempat tidur, hindarkanlah meninggalkan puntung rokok di asbak atau meletakkan dan membuang puntung rokok sembarangan, tidak membakar sampah di tengah terik matahari atau pada saat angin kencang. Bila semua hal itu dilakukan maka akan mengurangi bahaya

kebakaran. Siapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap-pakai di lingkungan kerja atau di rumah dan gunakan bila sewaktu-waktu diperlukkan untuk memadamkan api,” ungkap Babinsa Serda Sunarno. Latihan dilaksanakan kurang lebih tiga jam dalam rangka menghadapi lomba dengan materi penangkapan pencuri dan penanggulangan bahaya kebakaran yang diselenggarakan oleh desa Bejiruyung. Kegiatan latihan berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *