Babinsa Koramil 06/Sruweng, Rangkul Poktani dan PPL Rawat Tanaman

Babinsa Koramil 06/Sruweng, Rangkul Poktani dan PPL Rawat Tanaman

Babinsa Koramil 06/Sruweng, Rangkul Poktani dan PPL Rawat Tanaman

KODIM 0709/KEBUMEN. Sejumlah PPL, Poktan dan Babinsa Koramil 06/Sruweng melaksanakan pengamatan tanaman padi dari kemungkinan adanya serangan hama wereng coklat di Desa Karanggedang Kec. Sruweng Kab. Kebumen, Senin (04/03/19).

Pengamatan tidak hanya dilakukan di Desa Karanggedang saja, hal serupa juga dilakukan di Desa Trikarso. Dua wilayah Desa ini pada tahun sebelumnya rentan terhadap serangan hama wereng coklat. Meski sejauh ini indikasi tersebut belum ditemukan tanda-tanda tanaman terserang hama wereng coklat. Tapi langkah yang ditempuh Babinsa dan PPL serta para Poktani di desa itu akan terus dilakukan demi penyelamatan tanaman.

Babinsa Koramil 06/Sruweng Serka Tambah bersama Kelompok Tani Handayani asal Desa Karanggedang itu secara intensif terus melakukan pengamatan tanaman dari kemungkinan terserangnya hama sejak seminggu yang lalu. Bukan saja melihat indikasi adanya serangan hama wereng coklat, namun hama lain pun menjadi perhatian serius mereka. Sebagai langkah antisipasi maka dalam kegiatan pendampingan pertanian kali ini Babinsa bersama anggota Poktani langsung melakukan penyemprotan tanaman.

Sementara itu hal serupa juga dilakukan penyemprotan terhadap tanaman tentang indikasi adanya hama wereng coklat. Ini dilakukan kelompok tani Tani Makmur asal Desa Trikarso Kec. Sruweng. “langkah yang dilakukan bersama dengan Babinsa, PPL sangat membantu sekali sebab, kita akan mengetahui secara awal terhadap kemungkinan serangan hama. Untuk itu kepada kelompok tani di Desa lain khususnya di wilayah Kecamatan Sruweng agar aktif mengecek tanaman demi tanaman dengan mengajak Babinsa dan PPL sehingga langkah-langkah penyelamatan dan perawatan tanaman padi ini bisa tercapai.” ucap Sahlan (45) salah satu anggota Poktan Handayani.

Usaha kegiatan pengamatan ini akan terus dilakukan Babinsa, PPL dan para anggota kelompok tani selain di dua desa tadi, dengan harapan untuk meminimalisir kemungkinan terjangkitnya tanaman oleh serangan hama khususnya hama wereng coklat. “Melalui koordinasi yang tepat maka langkah antisipasi terhadap segala kerugian bisa kita wujudkan.” ucap Serka Tambah. (Pendim).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *