Babinsa Koramil 08/Alian Bantu Panen Petani

Babinsa Koramil 08/Alian Bantu Panen Petani

Babinsa Koramil 08/Alian Bantu Panen Petani

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 08/Alian Kopda Jaidin melaksanakan pendampingan pertanian panen raya di Desa Karangkembang Kec. Alian Kab. Kebumen, Kamis (21/03/19).

Lahan seluas 100 ubin itu dipanen Babinsa bersama Gapoktan dan para anggota PPL. Padi varietas Sidenuk itu dipilih petani karena memiliki kelebihan. Menurut Kopda Jaidin dari pelaksanaan uji coba penanaman dan memasuki masa panen perdana hari ini, petani mengetahui kalau padi Sidenuk ini mampu berproduksi sebanyak 88 kuwintal per satu hektar. Hasil ini memberikan bukti kepada petani bahwa padi ini produksinya di atas varietas padi unggul lain yang hanya memapu menghasilkan gabah kering panen (GKP) 66 kuwintal per hektar.

Jaidi mengatakan, kerjasama ini dijalani Babinsa karena para petani Desa Karangkembang serius untuk memecahkan persoalan yang selama ini menghambat pembangunan pertanian. Untuk itu, sejak kerjasama dijalin pihaknya melakukan ujicoba penanaman Padi Sidenuk itu untuk mengetahui seberap hasilnya nanti.

Dari luas lahan 100 ubin kini hasilnya mampu mencapai 15 kuintal benih ini mampu berproduksi di atas varietas padi unggul lainnya yang sudah banyak ditanam para petani di daerah ini.

“Kami mengakomodir keinginan para petani untuk tanam benih yang diinginkan. Ujicoba Padi Sidenuk kami tawarkan dan petani sudah lihat langsung hasilnya di atas produksi padi varietas unggul lain,” kata Jaidi.

Keunggulan lain dari Padi Sidenuk adalah benihnya tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Dengan kelebihan ini, maka petani tidak saja mengurangi biaya pupuk dan obat-obatan, namun produktivitas tanamannya menjadi meningkat dan situasi ini menghindari kerugian yang sering dialami petani. (Pen).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *