Babinsa Koramil 13/Buluspesantren dan Masyarakat Bersihkan Lumpur Sungai

Babinsa Koramil 13/Buluspesantren dan Masyarakat Bersihkan Lumpur Sungai

Babinsa Koramil 13/Buluspesantren dan Masyarakat Bersihkan Lumpur Sungai

KODIM 0709/KEBUMEN. Sejumlah Babinsa Koramil  13/Buluspesantren bersama Polsek Buluspesantren dan masyarakat melaksanakan pembersihan saluran irigasi dari endapan lumpur (Waled) di saluran irigasi dari Desa Gemeksekti, Desa Kemitir dan Desa Bumirejo Kec. Kebumen yang distribusi airnya mengalir ke sejumlah lahan persawahan di wilayah Kec. Buluspesantren, Kamis (28/02/19).

Serka Sunarto yang memimpin pembersihan di lapangan ini mengaku, lumpur yang diangkat terlampau banyak sehingga ia pun mengerahkan satu unit alat berat untuk mengangkat endapan lumpur tersebut. “Saya berharap jika nanti endapan bisa kita angkat seluruhnya maka aliran irigasi ini akan mengalir dengan lancar, disamping sawah-sawah akan kembali terisi air, luapan air irigasi juga tidak akan meresahkan warga seperti kejadian luapan air ini beberapa waktu lalu yang memasuki halaman pemukiman warga.

Dijelaskan Sunarto, air memang tidak sampai meraksak masuk ke rumah-rumah warga namun kekhawatiran muncul dari warga sendiri, maka dengan upaya ini dan kerjasama bersama BPBD Kab. Kebumen dan eleman masyarakat lain maka lumpur pun bisa kita angkat.

Lanjut Sunarto, lumpur yang berhasil kita angkat ini nantinya kita akan tempatkan di kebun-kebun warga untuk menyuburkan tanaman palawija. Dua fungsi sekaligus kita bisa raih, “ ujar Sunarto saat dikonfirmasi di lapangan.

Sedikitnya 60 orang warga yang terlibat dalam pembersihan kali ini, nampak jiwa gotong royong terlihat meski alat berat dilibatkan. Selain alat berat kegiatan ini juga melibatkan satu unit kendaraan pengangkut sampah dari Dinas PU Kab. Kebumen. Hadir dalam kegiatan bersih-bersih sungai irigasi ini Kepala PUPR Kab Kebumen, Camat Buluspesantren, Danramil 13/Buluspesantren dan Kades se Kecamatan Buluspesantren. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *